Tingkatkan Status Desa Mandiri melalui Desa Berjaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 18 Mei 2022 15:44 WIB

Tingkatkan Status Desa Mandiri melalui Desa Berjaya

i

Bupati saat saat halal bi halal dengan kades se Kabupaten Lamongan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Pemkab Lamongan terus mendorong bagaimana Desa mandiri bisa menjadi desa berjaya (Maju, Mandiri dan Sejahtera), dengan terus berkolaborasi bersinergi dengan semua pihak, agar kejayaan yang berkeadilan benar-benar bisa terwujud.

Hal itu disampaikan oleh bupati Yuhronur Efendi dihadapan Kades se-Kabupaten Lamongan saat Halal Bihalal Kepala Desa Se-Kabupaten Lamongan di Aula Pertemuan Gajah Mada Pemkab Lamongan, Rabu (18/5/2022).

Baca Juga: Bupati Lamongan Berangkatkan 3 Bus Balik Gratis

Menurutnya Desa Berjaya yang merupakan salah satu program prioritas ini diharapkan mampu mempercepat pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat desa. Apalagi program tersebut akan ditunjang dengan bantuan dana dusun oleh Pemkab Lamongan.

“Dua tahun kita diterpa wabah Pandemi Covid-19 dan selama itu pula kita stagnan tidak ada pembangunan fisik. Untuk itu mulai tahun ini kita akan memulainya, termasuk pemberian dana dusun, sehingga cita-cita mewujudkan desa berjaya dapat segera tercapai. Mari kita wujudkan program desa berjaya sesuai visi misi saya bersama Pak Rouf,” kata bupati.

Untuk mewujudkan itu semua, lanjut pria yang biasa dipanggil  Pak Yes, diperlukan sinergi seluruh pihak agar desa di Lamongan terus bangkit menjadi Desa Mandiri. “Saya yakin ini semua dapat terwujud. bersama memfasilitasi dan bersinergi agar desa di Lamongan menjadi desa mandiri,” imbuhnya.

Sesuai arahan Bupati Lamongan, Kepala Dinas Pemberdayaan Desa Kabupaten Lamongan, Mohammad Zamroni akan berupaya seoptimal mungkin dalam mewujudkan kejayaan Lamongan melalui Desa Berjaya.

Baca Juga: 110 ASN Diambil Sumpah, Bupati Pesan Agar Pelayanan Publik Harus Berkualitas

Menurutnya, pertemuan perdana dengan para kades setelah dilantik menjadi Kadis PMD menjadi momen terbaik untuk menjalin sinergi dalam mewujudkan kejayaan Lamongan yang berkeadilan. “Ini merupakan momen yang sangat bagus sekali bagi saya karena saya bisa ketemu dan bisa silaturahmi dengan seluruh kepala desa secara langsung," ungkapnya.

Program Desa Berjaya sendiri lanjut Zamroni dimaksudkan untuk mempertahankan status desa mandiri, sekaligus memperbanyak capaian desa mandiri dengan mengurangi status desa berkembang menjadi maju serta mendorong status desa maju menjadi mandiri.

Baca Juga: Lembaga Sosial Terus Diberdayakan Untuk Bisa Turunkan Angka Kemiskinan

Moh Zamroni mengungkapkan berdasarkan data Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2021 status desa mandiri di Kabupaten Lamongan sebanyak 34 desa, 158 desa berstatus maju dan 271 desa berkembang,” terangnya.

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Lamongan tersebut turut dihadiri Wabup Abdul Rouf, Sekda Moh Nalikan, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKAD) Khusnul Yaqin serta seluruh Kades se-Kabupaten Lamongan. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU