Tips Aman Antarkan Pasien Covid-19 ke Rumah Sakit

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 16 Jul 2021 10:25 WIB

Tips Aman Antarkan Pasien Covid-19 ke Rumah Sakit

i

Petugas kesehatan yang sedang menangani pasien Covid-19 di Rumah Sakit sekitar. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Maraknya wabah Covid-19 membuat banyak orang khawatir membawa keluar pasien Covid-19 dari rumah, ada perasaan takut virus yang ada di tubuh si pasien bisa menyebar ke banyak orang di sekitarnya. Di sisi lain, sebagai anggota keluarga tetap harus membawanya ke rumah sakit.

Untuk itu, Dokter E. Nugroho dalam penjelasan di kanal Youtube-nya coba menerangkan beberapa hal yang harus diperhatikan saat membawa pasien Covid-19 ke rumah sakit yang aman dan meminimalisir penyebaran virus karena tindakan tersebut.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

"(Kasus) Covid-19 sudah banyak sekarang ini. Suatu hari Anda mungkin sekali terpaksa akan mengantar saudara atau teman ke rumah sakit atau ke laboratorium. Bagaimana Anda tidak tertular?" katanya, Jumat (16/7/2021).

"Kita bisa nulari banyak orang (kalau nekat ke rs antar pasien Covid-19 naik transportasi umum yang penuh)," ujarnya.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Dokter E. Nugroho berpesan, supir duduk di sebelah kanan depan. Pasien duduk di kursi belakang sebelah kiri. Buka penuh semua jendela, jangan banyak bicara. Ini dilakukan oleh mereka dan syukur Alhamdulillah, anak saya yang nganter tidak tertular tetapi segera karantina 14 hari," papar dr E. Nugroho.

"Kalau tidak bisa buka (semua jendela), maka buka jendela itu secara diagonal. Jadi, kalau si supir itu ada di kanan depan, maka jendela yang dibuka kiri depan. Begitu juga di kursi penumpang, jika duduknya di kiri belakang, maka jendela yang dibuka kanan belakang," tambahnya.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Dokter E. Nugroho mengingatkan untuk tidak membuka 3 jendela. Menurutnya, itu sama saja seperti tidak membuka jendela dan ini sudah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan di Universitas Massachusetts.

Untuk pertanyaan tersebut, dr E Nugroho meminta seyogyanya jangan bertiga di dalam satu mobil. Idealnya di situasi seperti ini sendiri atau berdua seperti apa yang dia jelaskan di awal. Dsy8

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU