Tips Atasi Phobia dan Takut dengan Jarum Suntik

Seseorang yang takut disuntik. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Program vaksinasi Covid-19 secara serentak membuat klaster penyebaran Covid-19 kian menurun. Namun, tidak menutup kemungkinan banyak tidak mau divaksin lantaran lantaran takut jarum suntik.

Ada jenis phobia yang berkaitan erat dengan vaksinasi Covid-19 yakni Trypanophobia atau ketakutan jarum suntik. Sebab, vaksinasi Covid-19 dilakukan melalui proses injeksi cairan ke dalam tubuh melalui jarum suntik. Ketakutan ini biasanya muncul ketika seseorang berhadapan langsung dengan hal-hal yang melibatkan jarum suntik.

"Umumnya, pengidap takut jarum suntik akan merasa takut terhadap tindakan medis, yang menyebabkan jantung mereka berdebar dan panik saat menunggu giliran pemeriksaan medis," dikutip, Rabu (11/8/2021).

Ketakutan ini bisa menimbulkan gejala seperti jantung berdebar kencang, pusing, mual, berkeringat dingin, gelisah, dan bahkan bisa sampai pingsan. Jika memiliki ketakutan ini, ada baiknya untuk mengatakan dengan jujur kepada tim medis menjelang vaksinasi. Sehingga, tim medis dapat memberikan langkah perawatan dengan cara yang paling tepat dan hati-hati.

Beberapa tindakan yang dapat menenangkan rasa takut dan phobia terhadap jarum suntik diantaranya; duduk dengan nyaman, kemudian lemaskan otot-otot di tangan, leher, dan kaki selama 10-15 detik, perbaiki posisi duduk jadi lebih tegak selama 20 detik dan ulangi gerakan untuk melemaskan otot-otot.

Salah satu cara sederhana untuk mengatasi phobia jarum suntik ialah dengan melakukan latihan pernapasan. Selain itu, bisa duduk nyaman dengan posisi punggung tegak sebelum melakukan latihan ini.

Kemudian letakkan satu tangan di depan perut dan ambil napas panjang dari hidung. Keluarkan napas secara perlahan lewat mulut dan lakukan cara ini berulang untuk melatih pernapasan.

Meski sulit, tetap harus menghadapi ketakutan ini agar bisa mendapatkan vaksinasi sesegera mungkin. Bisa juga mencoba untuk mensugesti pikiran bahwa jarum yang menusuk rasanya tidak sesakit yang dipikirkan.

Mulai atur pikirkan bahwa rasa sakit dari jarum suntik hanya setara dengan gigitan semut atau cubitan tangan dan ingat kembali efek setelah disuntik yang besar manfaatnya bagi diri sendiri. Dsy7