Tips Atasi Rasa Kesepian Berlarut saat Pandemi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 09 Agu 2021 11:05 WIB

Tips Atasi Rasa Kesepian Berlarut saat Pandemi

i

Isolasi mandiri di rumah berujung kesepian yang mendalam. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Pandemi Covid-19 ini membuat beberapa orang harus melakukan isolasi mandiri yang berujung pada kesepian.Terlebih jika perasaan kesepian berlangsung terus menerus dan membawa psikis seseorang menjurus ke arah yang lebih serius seperti anxiety dan sebagainya

Menurut Psikolog Amerika Serikat Dr Michael Eason mengatakan, salah satu penyebab utama mengapa seseorang sering merasa kesepian adalah karena bisa jadi ia belum benar-benar memahami dirinya atau tidak jujur pada diri sendiri.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Persahabatan yang autentik berkembang seiring dengan meningkatnya pemahaman diri. Ketahui apa yang disukai dan tidak sukai, nilai dan preferensi, lalu carilah individu yang memiliki dasar yang sama dengan diri kita.

Misalnya jika kita menikmati kegiatan di luar ruangan dan menyukai kebugaran, Anda mungkin ingin bergabung dengan kelompok yang bertemu secara rutin untuk berolahraga bersama.

Maka, jujurlah pada diri sendiri niscaya anda mungkin akan menemukan titik terang dari permasalahan psikis tersebut. Setelah jujur pada diri sendiri, bukan berarti anda pasrah dan menerima begitu saja. Untuk bisa mendapatkan banyak teman serta hiburan, anda harus proaktif.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Beberapa orang hanya duduk-duduk merenungkan betapa kesepiannya mereka dan mengharapkan sesuatu berubah secara ajaib. Perubahan membutuhkan proaktif dan langkah progresif. Salah satu yang bisa dilakukan adalah anda aktif mencari orang-orang yang sefrekuensi dengan anda,

Terkadang ini melibatkan hasrat untuk keluar dari zona nyaman Anda dan mencari sesuatu yang benar-benar baru dari apa yang sudah terjadi selama ini. Namun, perlu diingat: saat mencari pertemanan baru, jangan lupa untuk terus memelihara mereka yang sudah Anda miliki.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Kesepian dan kesendirian seringkali dianggap sebagai sesuatu yang negatif, namun sesungguhnya tidaklah demikian. Bahkan sesungguhnya hal itu bisa mengajari kita banyak hal. Menghabiskan waktu berkualitas sendirian dapat memberikan beberapa dampak positif.

Beberapa orang memanfaatkan "kesendirian" dengan mengikuti program televisi atau novel favorit mereka, mandi air hangat atau pijat, atau hanya memanjakan diri mereka sendiri dengan hobi atau minat yang mereka sukai, seperti memasak atau bepergian. Dsy11

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU