Tips Jaga Kesehatan Mental Mahasiswa Selama PPKM Darurat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 15 Jul 2021 12:59 WIB

Tips Jaga Kesehatan Mental Mahasiswa Selama PPKM Darurat

i

Mahasiswa yang sedang belajar daring menggunakan masker. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Seiring dengan munculnya varian baru yakni alpha, delta hingga beta, pandemi Covid-19 di Indonesia kian memburuk dan membuat rasa cemas meningkat. Penyebaran Covid-19 semakin cepat karena adanya varian-varian baru ini.

Rasa cemas yang berlebihan tentu akan membuat sistem imunitas tubuh menurun. Jika sistem imun menurun, tubuhpun akan lebih mudah terserang penyakit.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Saat ini tengah diberlakukan PPKM (Perlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di Indonesia. Kondisi ini tentu bisa dimanfaatkan untuk menggali hobi dan juga aktivitas baru seperti kursus online atau mencari aktivitas yang menyenangkan untuk diri kamu.

Jika kamu terganggu dengan berita-berita yang tersebar di media sosial termasuk update virus Covid-19, sebaiknya hindari. Karena pemberitaan yang ada di media sosial cenderung memberikan dampak yang besar terhadap psikis maupun mental. Karena itu, jika kamu merasa terganggu dengan pemberitaan tersebut, batasi penggunaan media sosial.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Berada di rumah dalam waktu yang lama memang membosankan dan tak jarang membuat stres. Akan tetapi dengan tetap berada di rumah dan menghindari kerumunan kita akan turut membantu penurunan kasus Covid-19 di Indonesia.

Ketika kita sedih dan stres dapat membuat imunitas turun. Untuk mencegah rasa sedih, kamu bisa mengontrol diri dengan berhenti membaca berita buruk dan menyedihkan tentang Covid-19. Pilihlah tontonan lain yang menghibur dan lebih edukatif.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Selain itu juga bisa membaca cerita perjuangan seseorang yang telah sembuh dari Covid-19 cenderung bisa menghilangkan rasa stres. Kamu bisa membaca media ataupun YouTube portal-portal kedokteran.

Selain kelima tips untuk menjaga kesehatan mental di tengah pandemi untuk mahasiswa. Tetap di rumah dan patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Dsy12

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU