Tips Jaga Kesehatan Paru-Paru dengan Olahraga Pernapasan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 15 Jul 2021 11:45 WIB

Tips Jaga Kesehatan Paru-Paru dengan Olahraga Pernapasan

i

Salah satu kegiatan olahraga untuk melatih paru-paru dan pernapasan. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Kesehatan paru-paru sangatlah penting karena rawan mengalami berbagai masalah kesehatan, khususnya di musim wabah Covid-19 ini. Apabila paru-paru mengalami gangguan, proses pernapasan pun akan menjadi terhambat sehingga suplai oksigen ke seluruh tubuh menjadi terganggu dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Oleh karena itu, ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk menyehatkan paru-paru, di antaranya, cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melatih pernapasan dengan mengambil napas dalam-dalam melalui hidung, kemudian keluarkan secara perlahan lewat mulut.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Kemanjuran latihan pernapasan ini pun telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang telah diterbitkan dalam Indian Journal of Physiology and Pharmacology. Sebanyak 12 sukarelawan dalam penelitian itu melakukan latihan pernapasan selama 2, 5 , dan 10 menit.

Hasilnya, melakukan latihan pernapasan dalam beberapa menit dapat meningkatkan fungsi pada paru-paru. Langkah-langkah latihan pernapasan tersebut dimulai dengan, duduklah di suatu tempat yang tenang dan nyaman, tarik napas secara perlahan-lahan melalui hidung (hitung 1-2-3-4), kemudian hembuskan napas secara perlahan melalui hidung (hitung 1-2-3-4-5-6-7-8).

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada paru-paru. Beberapa di antaranya adalah asma, PPOK, dan kanker paru.

Selain menghindari rokok, berolahraga secara teratur juga sangat penting untuk kesehatan paru-paru. Ketika berolahraga, paru-paru akan bekerja keras untuk memasok oksigen ke seluruh tubuh, sambil mengeluarkan karbon dioksida ke luar tubuh.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Dengan begitu, paru-paru akan menjadi lebih kuat dan sehat. Meski pada akhirnya kamu akan terkena penyakit paru-paru, namun olahraga dapat membantu memperlambat penyakit tersebut untuk berkembang.

Beberapa langkah untuk menghindari paparan polusi udara, baik di dalam rumah maupun di luar rumah diantaranya, jadikan rumah sebagai zona bebas rokok, bersihkan perabotan rumah setidaknya seminggu sekali, buka jendela sesering agar sirkulasi udara di dalam rumah tetap terjaga, hindari berolahraga di dekat lalu lintas yang padat dan menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah. Dsy10

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU