Tips Mengatasi Kram Perut saat Menstruasi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 31 Agu 2021 11:12 WIB

Tips Mengatasi Kram Perut saat Menstruasi

i

Gejala kram perut saat wanita mengalami menstruasi. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Kram perut membuat perut terasa panas, nyeri, pedih, hingga sampai lemas. Ini membuat badan tak nyaman, khususnya bagi perempuan yang merasakan kram perut saat menstruasi. Umumnya, kram perut yang ringan dapat diobati dengan pengobatan rumahan. berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk meredakan kram perut saat menstruasi.

kram terjadi karena otot-otot rahim berkontraksi untuk melepaskan lapisan yang terbentuk. Jadi, saat otot-otot ini bekerja, mungkin mengalami kram yang menyakitkan.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Namun jangan khawatir, lalukan pemijatan dengan minyak esensial aromatik dapat mengurangi dna mengobati obat kram perut yang bagus untuk menghilangkan rasa sakit. Terapi pijat untuk menstruasi melibatkan penekanan titik-titik tertentu di perut, samping, dan punggung Anda. Selalu encerkan minyak esensial sebelum memakainya.

Yoga merupakan latihan ringan yang berfungsi sebagai obat kram menstruasi yang efektif. Beberapa pose yoga yang harus Anda coba untuk meredakan kram adalah baddha konasana, balasana, bharadvaja, dan viparita karani. Jangan melakukan pose terbalik, karena dapat mengganggu aliran darah.

Rahim adalah otot, jadi tenangkan seperti Anda menenangkan otot lain dengan memberikannya sesuatu yang hangat. Menggunakan bantal pemanas atau botol air panas adalah obat kram menstruasi yang bermanfaat, dan penelitian juga mendukung klaim ini.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Ini membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh kram. Jika Anda tidak memiliki bantal pemanas, Anda bisa menggunakan handuk panas. Jika mau, Anda juga bisa membuat bantal pemanas sendiri.

Teh herbal tidak hanya menenangkan tetapi juga obat kram menstruasi yang efektif. Menurut ahli gizi, teh herbal tertentu dapat membantu meredakan kram menstruasi, meskipun penelitian tentang hal yang sama masih langka.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Untuk nyeri haid, teh chamomile dan peppermint direkomendasikan. Saat menstruasi, hindari makanan yang menyebabkan kembung dan retensi air. Di antaranya adalah makanan berlemak, mengandung garam tinggi, alkohol, kafein, dan minuan bersoda. Jangan minum kopi dan gantiah dengan teh jahe. Selain itu makanlah buah-buahan seperti stroberi atau raspberry. Dsy8

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU