Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan dan Pandemi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 25 Jun 2021 15:26 WIB

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan dan Pandemi

i

Menggunakan paying saat turun hujan salah satu menjaga kesehatan tubuh. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Saat ini beberapa wilayah di Indonesia mulai memasuki dan diguyur hujan dengan intensitas beragam, mulai dari ringan hingga deras, sehingga mempengaruhi kesehatan tubuh dan rentan sakit. Karena itu, penting untuk tetap menjaga kesehayan agar tak gampang sakit, Jumat (25/6/2021).

Untuk menolak penyakit masuk ke dalam tubuh, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah sistem imun atau daya tahan tubuh kita. Berikut sejumlah hal penting yang perlu dilakukan di musim hujan agar tubuh tidak gampang sakit:

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Asupan gizi sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Seseorang yang kekurangan nutrisi berisiko terkena penyakit infeksi karena pada keadaan kurang gizi, daya tahan tubuh akan menurun, menyebabkan kuman penyakit lebih mudah masuk dan berkembang.

Agar zat gizi tercukupi, kita harus memperhatikan pola makan sehat dengan mengonsumsi lima kelompok pangan setiap hari atau setiap kali makan.

Lima kelompok pangan tersebut adalah makanan pokok, lauk-pauk, sayuran, buah-buahan, dan minuman. Lebih baik jika dalam satu kali makan kita bisa mengonsumsi lebih dari satu jenis dan pastikan kita makan secara teratur, yakni sarapan, makan siang, dan makan malam, terutama sarapan.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Selain itu, bagus sarapan sangat efektif dalam menjaga kesehatan tubuh lantaran untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian, yakni 15-30 persen kebutuhan gizi. Ini dilakukan dalam rangka mewujudkan hidup sehat, aktif, dan produktif. Selain itu, mengonsumsi probiotik juga perlu diperhatikan agar terhindar dari infeksi seperti flu dan diare.

Selain menjaga pola makan, sistem kekebalan tubuh juga harus dijaga salah satunya dengan olahraga. Olahraga tak harus dilakukan di luar ruangan. Jika kondisi tak memungkinkan, seperti saat hujan turun, kita juga bisa berolahraga di rumah.

Bahkan, olahraga yang sederhana sekalipun dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Latihan fisik selama 30 saja menit mampu mengaktifkan sel darah putih (leukosit). Menurut buku Guyton dan Hall, Fisiologi Kedokteran, leukosit berfungsi menyediakan pertahanan yang cepat dan kuat terhadap daerah-daerah tubuh yang mengalami peradangan.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Dan jangan terlewatkan juga untuk mengatur pola tidur untuk pemulihan terhadap seluruh sistem anggota badan. Namun, tak sedikit dari kira yang merasa tidak bugar ketika bangun tidur di pagi hari. Itu bisa jadi tanda kualitas tidur kita kurang baik. Di tengah cuaca dingin musim hujan, kualitas tidur semakin penting untuk diperhatikan.

Anak prasekolah (3-5 tahun) selama 10-13 jam; Anak sekolah (6-13 tahun) selama 9-11 jam; Remaja (14-17 tahun) selama 8-10 jam; Dewasa muda (18-25 tahun) direkomendasikan tidur selama 7-9 jam; Dewasa (26-64 tahun) selama 7-9 jam; Lansia (lebih dari 65 tahun) direkomendasikan tidur selama 7-8 jam. Dsy21

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU