Tips Mudah Cegah dan Obati Flu di Tengah Pandemi

Seseorang yang terkena flu. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Dimusim pandemi Covid-19 ini sangat penting untuk mejaga kesehatan dan imun tubuh serta cara untuk mengantisipasi. Diantaranya tips mencegah karena memiliki gejala yang mirip dengan Covid-19.

Flu atau influenza merupakan infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Gejalanya memang mirip dengan Covid-19. Baik flu atau Covid-19 bisa menjadi penyakit serius. Karena itu, sebisa mungkin kita menjauhkan diri dari keduanya.

Spesialis penyakit menular Kristin Englund berkata bahwa ada cara mudah untuk mencegah flu. Diantara cara mencegah dan mengobati flu tersebut di tengah pandemi Covid-19 ini yaitu ada 4.

Tips pertama mencegah flu adalah dengan vaksin flu. Studi menunjukkan bahwa vaksin flu mengurangi risiko penyakit flu secara keseluruhan dan memperkecil kemungkinan Anda sakit parah jika memang terinfeksi. "Vaksin flu tidak hanya melindungi Anda, tetapi juga melindungi semua orang yang Anda cintai di sekitar Anda," kata Englund, Jumat (20/8/2021).

Selain itu, CDC merekomendasikan bahwa setiap orang di atas usia 6 bulan mendapatkan vaksinasi. Selian vaksin flu, ada baiknya juga mendapatkan vaksin Covid-19. Vaksin Covid-19 disarankan untuk mereka yang berusia di atas 12 tahun.

Tips kedua mencegah flu adalah tetap waspada. Seperti Covid-19, virus flu menyebar melalui tetesan yang keluar dari hidung atau mulut (droplet) orang yang terinfeksi.

Oleh karenya, juga perlu tetap waspada dengan menerapkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker di tempat umum, melakukan physical distancing, dan sering mencuci tangan. Selai mencegah flu cara ini juga terbukti efektif untuk mencegah Covid-19.

Tips ketiga mencegah flu adalah memahami gejalanya. Flu dan Covid-19 memiliki banyak gejala yang mirip, seperti demam, batuk, sesak napas, dan nyeri otot. Jika merasakan gejala-gejala segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan jawaban pasti.

Tips keempat mencegah flu adalah menyiapkan obat darurat. Jika mengalami gejala flu atau Covid-19 yang ringan, sebaiknya tetap berada di rumah sampai merasa lebih baik. Hal ini penting dilakukan agar tidak menularkannya kepada orang lain.

Selain itu, Englund juga menyarankan agar kita menyimpan obat-obatan berikut sebagai perlindungan diri: penurun demam seperti acetaminophen (Tylenol), ibuprofen untuk nyeri otot, sirup obat batuk, termometer.

Jika Anda mengalami penyakie komorbid yang masuk dalam kategori orang berisiko tinggi, sebaiknya siapkan oksimeter untuk mengukur kadar oksigen dalam darah. Dsy8