Tips Tingkatkan Imun Anak di Musim Pandemi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 16 Jul 2021 10:03 WIB

Tips Tingkatkan Imun Anak di Musim Pandemi

i

Orang tua yang menemani anak-anaknya melakukan rutinitas olahraga di rumah. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Lonjakan Covid-19 yang saat ini terjadi di Indonesia tidak hanya menyerang orang dewasa, tetapi juga anak-anak. dr Fauzi Mahfuzh dari RSUP Persahabatan menyebut, per 12 Juli 2021 diketahui 9.8 persen kasus positif nasional adalah anak-anak usia 6-18 tahun. Untuk itu, penting bagi orang tua untuk membantu anak meningkatkan imunitas dengan cara berikut.

Dikutip dari Parents, penulis buku The Family Nutrition Book William Sears MD menyebut jika konsumsi buah dan sayur yang kaya fitonutrien sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Cara meningkatkan imunitas anak dengan konsumsi buah sayur ini dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang melawan infeksi dan menghalangi virus.

Studi lain menunjukkan bahwa konsumsi sayur dan buah kaya fitonutrien seperti wortel, kacang hijau, jeruk, dan stroberi dapat melindungi anak dari penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung di masa dewasa.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Sebuah penelitian menyebut kurang tidur dapat membuat anak lebih rentan terhadap penyakit. Seorang bayi mungkin membutuhkan hingga 16 jam waktu tidur sehari, balita membutuhkan 11 hingga 14 jam, dan anak-anak prasekolah membutuhkan 10 hingga 13 jam.

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga adalah cara meningkatkan imunitas yang sangat baik bagi orang dewasa dan anak-anak. Ajaklah ia untuk olahraga bersama dengan cara yang mengasyikkan. Orang tua bisa menemani anak untuk terus aktif dan menemani anak melakukan aktivitas yang ia sukai.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Kabar buruknya, anak-anak bernapas lebih cepat dari orang dewasa sehingga mereka lebih rentan terhadap efek berbahaya dari asap rokok. Asap rokok mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia berbahaya, banyak di antaranya dapat mengiritasi atau membunuh sel-sel dalam tubuh.

Selain itu, sistem detoksifikasi alami anak juga kurang berkembang. Sehingga, berhenti merokok atau merokok di luar ruangan jadi cara meningkatkan imunitas anak yang patut Anda pertimbangkan. Dsy7

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU