TMMD 2021 Sukses Hemat APBD Gresik Rp 310 Juta

Bupati Fandi Akhmad Yani bersama Irdam V Brawijaya Brigjen Arie Subekti pada acara pembukaan TMMD ke-11 di Kantor Bupati Gresik. SP

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111 tahun 2021 yang berlangsung di Desa Siwalan Kecamatan Panceng  Gresik Jawa Timur mampu menghemat APBD Gresik sampai Rp 310 Juta.

“TMMD ini merupakan wujud bakti TNI kepada masyarakat dalam percepatan dan pemerataan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Asisten I Pemprov Jatim Ardo Sahak saat membuka TMMD ke-111 Gresik tahun 2021 mewakili Gubernur Jawa Timur.

Pembukaan TMMD yang berlangsung di Ruang Mandala Bhakti Praja, Selasa (15/6/2021) juga dihadiri oleh Irdam Kodam V Brawijaya Brigjen TNI Arie Subekti mewakili Pangdam, Irwasda Polda Jatim Kombespol Sungkono mewakili Kapolda dan Kasitek 084/Bhaskara Jaya Kolonel Syamsul Hadi.

Sebelum membacakan sambutan Pangdam, Irdam Kodam V Brawijaya Brigjen Arie Subekti mengingatkan agar seluruh unsur yang terlibat dalam pelaksanaan TMMD ini harus melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

“Seluruh prajurit yang terlibat sebelumnya harus di tes swab atau rapid antigen. Mereka setiap hari juga harus melaksanakan protokol kesehatan dan selalu menghindari kerumunan,” tegasnya.

Brigjen Arie Subekti yang hadir membacakan sambutan Pangdam V Brawijaya berharap agar TMMD kali ini bisa berjalan dan mendapatkan hasil optimal sejalan dengan semangat yang tertuang dalam tema TMMD ke-111 tahun 2021 kali ini yaitu TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri.

“Semoga tema ini dapat menjadi sumber inspirasi, motivasi dan inovasi bagi semua yang terlibat pada TMMD dalam membantu pemerintah melakukan percepatan pembangunan di segala bidang," harapnya.

Senada, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani juga hadir didampingi oleh Forkopimda Gresik beserta para Kepala OPD Pemkab Gresik berharap agar program ini harus kita dukung penuh karena disinilah pemerintah hadir ditengah masyarakat.

“Kita harus bersinergitas dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Dimasa pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini. Beban masyarakat sangat berat. Kita harus berkomitmen untuk meringankan beban masyarakat tersebut,” katanya.  

Sementara Komandan Kodim 0817 Gresik Letkol Infantri Taufik Ismail menjelaskan bahwa TMMD yang berlangsung di desa Siwalan Panceng berlangsung mulai hari ini dan ditutup pada 14 Juli 2021.

“Dilapangan, pelaksanaan TMMD ini sudah dilaksanakan sejak bulan Mei lalu. Ada 2 sasaran yaitu fisik dan non fisik” katanya.

Beberapa kegiatan yang dikerjakan yaitu renovasi rumah tidak layak huni, pengadaan penerangan jalan umum, pembangunan tembok jalan untuk penahan longsor, dan perbaikan akses transportasi warga, penyemprotan desinfektan dan bersama dinas kesehatan melaksanakan vaksinasi. Serta berbagai penyuluhan kepada masyarakat.