TMMD Ke-116 di Randuharjo Tuntas, Bupati Ikfina Apresiasi Kemanunggalan TNI Bersama Masyarakat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 08 Jun 2023 16:52 WIB

TMMD Ke-116 di Randuharjo Tuntas, Bupati Ikfina Apresiasi Kemanunggalan TNI Bersama Masyarakat

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Terselenggaranya Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 di Desa Randuharjo, Kecamatan Pungging, dinyatakan sukses dan tuntas tepat waktu. Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengapresiasi kemanunggalan TNI dengan masyarakat, yang menjadikan suatu harmoni yang baik dalam mengaplikasikan semua program sasaran.

Penutupan TMMD ke-116 ini diawali dengan upacara penutupan dan penandatanganan tertulis hasil TMMD oleh Dandim 0815 dan Bupati Mojokerto. Penutupan TMMD ini juga dihadiri Kepala Staf Koarmada II, PJU KOARMADA II, PJU Kodam V Brawijaya, Wakil Ketua DPRD, Waka Polresta, Sekretaris Daerah, Perwakilan Pengadilan Negeri, Perwakilan Kajari, Ketua TP PKK, Kepala Bappeda, Kepala DPMD Kepala DLH, Kepala Dindik dan Kasatpol PP.

Baca Juga: Perkokoh Sinergitas, Pemkab Mojokerto Gelar Buka Puasa Bersama Ratusan Ulama dan Umaro

"Kemanunggalan antara TNI dengan masyarakat membawa nilai yang positif. Disamping itu juga, ditunjang dengan adanya berbagai kegiatan fisik maupun non fisik. Sehingga kedepan perlu masyarakat yang menilai kebutuhannya untuk rencana pembangunan dalam pelaksanaan TMMD selanjutnya," ungkap Bupati Ikfina, selepas upacara penutupan, Kamis (8/6) pagi.

TMMD di Desa Randuharjo ini mengusung tema Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat. TMMD ini berlangsung selama 30 hari dengan menargetkan sasaran kegiatan fisik dan non fisik. Adapun 6 pembangunan fisik dalam program ini diantaranya, pertama jalan usaha tani 855 x 2,5 meter di Dusun Kamotan Wetan dan 195 x 2,5 meter di Dusun Randurancang. Kedua, pembangunan jalan lingkungan 255 x 4 meter di Dusun Kamotan Wetan dan 205 x 4 meter di Dusun Randurancang.

Ketiga, perbaikan Mushola Nurul Hidayatulloh di Dusun Arjosari dengan anggaran Rp 100 juta dan rehab ruang kelas SDN Randuharjo 2 dengan anggaran Rp 200 juta. Berikutnya pembangunan 16 jamban di rumah warga dengan anggaran Rp 213 juta dan renovasi 9 rumah warga yang tidak layak huni dengan anggaran Rp 180 juta.

Baca Juga: Bupati Mojokerto Instruksikan Percepatan Pembangunan Infrastruktur Rp 340 Miliar

Sedangkan kegiatan non fisik meliputi senam dan gebyar minum tablet penambah darah bersama, pelatihan batik ecoprint, pelayanan administrasi kependudukan keliling, pelatihan pembuatan kue kering, pelayanan mobil perpustakaan keliling, pemberian bantuan desinfektan, serta pelayanan kesehatan hewan.

"Tadi kita sudah tinjau dan pastikan salah satu dari jalan lingkungan dan usaha tani. Kemudian Sarpras di sekolah dasar SDN 2 Randuharjo. Mulai perpustakaan, UKS dan perbaikan luar kelas. Kemudian peresmian renovasi dari musala. Alhamdulillah ini betul-betul bisa diterima dan dimanfaatkan oleh masyarakat," terangnya.

Baca Juga: Ratusan Anak Yatim Trowulan Terima Santunan Bupati Ikfina

Sementara itu, Dandim 0815 Mojokerto Letkol Inf M. Iqbal Prihatna merasa berkesan dengan terlaksananya TMMD di Desa Randuharjo. Menurutnya, selama melaksanakan TMMD ini pihaknya betul-betul melibatkan masyarakat, sehingga tercipta situasi dan kondisi yang manunggal.

"Dan adanya kemanunggalan TNI dan rakyat tentunya akan membantu percepatan pembangunan, pertumbuhan ekonomi dan memperkokoh kedaulatan NKRI," pungkasnya. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU