TNI Lumajang, PPL dan Poktan Kompak Basmi Hama Tikus

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 02 Feb 2021 18:34 WIB

TNI Lumajang, PPL dan Poktan Kompak Basmi Hama Tikus

i

Anggota TNI saat mencari tikus. SP/Lim

 

SURABAYAPAGI.COM, Lumajang - Babinsa Nogosari Koramil 0821/16 Rowokangkung Serda Joko Narimo bersama Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Rowokangkung dan Kelompok Tani (Poktan) Mawar Desa Nogosari melaksanakan pemberantasan hama tikus, di lahan persawahan Poktani Mawar Desa Nogosari Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (1/2/2021).

Baca Juga: Jenderal TNI Kecolongan Pelat Nomor, Lapor Polisi

Saat kegiatan tersebut, Joko Narimo mengatakan bahwa pemberantasan hama tikus tersebut dilakukan agar serangan hama tikus dapat dikendalikan saat memasuki musim tanam. Oleh karena itu, perlu melakukan gerakan massal pembersihan lahan dan pengasapanan lubang-lubang tikus sebelum musim tanam.

Lanjut dia, langkah gropyokan rutin digelar oleh para petani setempat, karena dinilai bisa mengurangi jumlah populasi tikus, selain itu warga juga menerapkan metode pembasmian dengan cara lain, mulai memasang jebakan hingga penyebaran racun tikus di lahan persawahan.

“Mari sama-sama kita lakukan pemberantasan tikus ini, karena bila dibiarkan dan tidak segera diatasi dikhawatirkan akan menjadi ancaman pada masa tanam, karena para petani juga sudah mengetahui akibat serangan hama tikus,” kata dia.

Baca Juga: Pantai Watu Pecak, Jadi Destinasi Favorit saat Libur Lebaran

Sementara itu, PPL Desa Nogosari Sumiati menerangkan, bahwa pelaksanaan gropyokan tikus diharapkan dapat membantu petani setempat, dalam upaya untuk peningkatan swasembada pangan yang merupakan program dari Pemerintah.

"Gropyok tikus ini merupakan salah satu cara yang dilakukan secara alami dan ramah lingkungan, karena sama sekali tidak memakai bahan kimia, kegiatan ini juga menumbuhkan rasa kebersamaan dan kegotong-royongan," terangnya.

Ia menambahkan, bahwa dengan adanya pendampingan dari pihak setempat kami optimis akan mendapatkan hasil panen terbaik tahun ini, sebagai buktinya dalam gropyok sawah bersama ini kami berhasil menangkap sekitar 300 ekor tikus dengan peralatan seadanya. Lim

Baca Juga: Pilu! Disabilitas Asal Lumajang Jadi Korban Rudapaksa Orang Tak Dikenal hingga Hamil dan Melahirkan

 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU