TNI Sasar Vaksin 3000 Masyarakat Maritim di Pantura Lamongan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 14 Jul 2021 14:55 WIB

TNI Sasar Vaksin 3000 Masyarakat Maritim di Pantura Lamongan

i

Gubernur Jawa Timur dan Pangkoarmada meninjau serbuan vaksin untuk masyarakat maritim.SP/MUHAJIRIN KASRUN

 SURABAYA PAGI, Lamongan - Serbuan vaksin terus dilakukan oleh TNI. Kali ini TNI AL melalui Koarmada II bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Rabu (14/7/2021) melakukan vaksin ke 3000 masyarakat maritim yang ada di wilayah Pantai Utara (Pantura) Lamongan.

Serbuan vaksin ini seperti disampaikan oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto di enam titik Kecamatan di wilayah Lamongan, sebagai upaya untuk membentengi masyarakat maritim dari ancaman covid-19.

Baca Juga: Gempa Bumi di Pulau Bawean, Pemprov Jatim Terima Bantuan Baja Ringan

Keenam titik lokasi pelaksanaan serbuan vaksin ini di antaranya  bertempat di Pendopo Kecamatan Karanggeneng dengan target 500 orang, Pendopo Kecamatan Laren dengan target 500 orang, dan 2 tempat di Kecamatan Brondong meliputi Kantor Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong (PPN Brondong) dengan target 600 orang dan Kantor Desa Sedayu Lawas dengan target 400 orang.

Kemudian di Kecamatan Paciran yang bertempat Kantor Desa Kemantren dengan target 700 orang dan Pondok Pesantren Maslahul Huda Paciran dengan target 300 orang. Lebih lanjut, vaksinator di semua titik tersebut dilakukan oleh Tim Tenaga Kesehatan Dinkes Koarmada II dan Tenaga Kesehatan Dinas Kesehatan Lamongan.

IMG-20210714-WA0033IMG-20210714-WA0033

Petugas saat memberikan vaksin ke warga.SP/MUHAJIRIN KASRUN

Baca Juga: Relawan Lintas Profesi se-Tapal Kuda Dukung Khofifah Maju dalam Pilgub Jatim

Dalam serbuan kali ini lanjutnya, TNI AL telah melibatkan 50 vaksinator, yang terdiri dari Stikes Hang Tuah Surabaya 30 personel, Diskes Koarmada II 17 personel, dan Lakesia TNI AL 3 personel. Sementara Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan juga menerjunkan 60 personel vaksinator, sehingga total ada 110 vaksinator.

Selain vaksinasi, dalam kesempatan ini juga diberikan bantuan alat kesehatan berupa APD sebanyak 2.500 Pcs, Masker medis 200.000 Pcs, dan alat SWAB Antigen sejumlah 2.500 set dari Provinsi Jawa Timur untuk Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan. 

Saat didesak kenapa serbuan vaksin ini dilakukan di Lamongan, Pangkoarmada yang bergelar doktor (Dr) ini menyebutkan kalau Lamongan dinilai memiliki potensi maritim yang memadai bagi masyarakatnya, terutama di sektor perikanan dan wisata bahari.

Baca Juga: Kinerja Pemprov Jatim 2023 capai 97,77 Persen

"Dengan adanya serbuan vaksinasi yang digelar di kawasan pesisir Lamongan ini, diharapkan dapat mengendalikan meluasnya penyebaran virus Covid-19. Sehingga roda perekonomian masyarakat maritim Lamongan dapat terus berputar, karena imunitas tubuh masyarakat telah terjaga oleh vaksin," terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini di antaranya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indra Parawansa, Ketua DPRD Jatim Kusnadi, PJU Komando Armada II, Pangdam V Brawijaya beserta jajaran, Bupati Lamongan dan Wakil Bupati Lamongan.jir

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU