Tokopedia Sabet Penghargaan dari Pemprov Jatim, Kanal Online Terbaik untuk Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

author surabayapagi.com

- Pewarta

Sabtu, 02 Des 2023 18:17 WIB

Tokopedia Sabet Penghargaan dari Pemprov Jatim, Kanal Online Terbaik untuk Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

SURABAYAPAGI, Surabaya - Surabaya - Fitur ‘E-Samsat’ Tokopedia mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Timur pada peringatan HUT ke-61 Bapenda Jatim sebagai kanal online terbaik untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menobatkan Tokopedia sebagai kanal online terbaik untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur pada pada peringatan HUT ke-61 Bapenda Jatim (24/11/2023). Foto pemberian penghargaan terlampir. Penghargaan ini diberikan karena tingginya kontribusi nominal dan jumlah transaksi pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui Tokopedia di Jawa Timur.

Baca Juga: Operasi Tanggap Darurat Banjir, Adhy Karyono Berantas Eceng Gondok di Kali Buntung

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan, “Pajak merupakan instrumen penting bagi pembangunan sebuah negara, maka kami mengapresiasi Tokopedia yang selama ini menyediakan layanan online untuk mempermudah warga Jatim membayar pajak kendaraan bermotor. Lewat layanan online pembayaran pajak, seperti yang ditawarkan Tokopedia, diharapkan akan makin banyak lagi masyarakat yang bisa menunaikan kewajiban pajak dengan lebih mudah. Bersama-sama kita tingkatkan penerimaan daerah dan berkontribusi pada pembangunan nasional.”

Fitur E-Samsat di Tokopedia yang memungkinkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor secara online mulai diperkenalkan pada tahun 2019. Fitur tersebut kini sudah bisa digunakan masyarakat di berbagai provinsi di Indonesia, termasuk Jawa Timur. Pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online lewat fitur E-Samsat di Tokopedia meningkat signifikan dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Plh Gubernur Jatim Tinjau Pencoblosan di TPS Tematik Kota Mojokerto

Wakil Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Hilmi Adrianto, menjelaskan, “Transaksi pembayaran pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur melalui Tokopedia meningkat hampir 1,5 kali lipat pada tahun 2023 dibandingkan 2022. Artinya, animo masyarakat dalam menunaikan kewajiban perpajakan makin tinggi. Kami mengapresiasi kepercayaan warga Jatim yang bersedia membayar pajak kendaraan bermotor lewat Tokopedia. Kepercayaan tersebut membawa kami mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Timur sebagai kanal online terbaik untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor.”

“Kami berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Timur yang sudah memberikan penghargaan ini kepada Tokopedia dan terus mempererat kolaborasi untuk menghadirkan layanan publik. Penghargaan ini menjadi dorongan bagi kami untuk terus mempermudah masyarakat mengakses layanan publik lewat pemanfaatan teknologi,” tambah Hilmi.

Baca Juga: Tinjau TPS, Adhy Karyono Apresiasi Kinerja Perangkat Daerah Dalam Pelaksanaan Pemilu Serentak

Fitur E-Samsat–yang memungkinkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor secara online–dapat diakses melalui Loket Pajak Tokopedia dengan cara:
1.ketik ‘Loket Pajak Tokopedia’ di kolom pencarian aplikasi atau situs Tokopedia,
2.pilih ‘E-Samsat’,
3.pilih wilayah, masukkan kode bayar, dan klik ‘Cek Tagihan’, serta
4.pilih metode pembayaran sesuai preferensi lalu lakukan pembayaran sesuai metode pilihan.

Jika pembayaran berhasil, pengguna akan mendapatkan bukti pembayaran melalui email yang bisa dipakai sebagai salah satu dokumen pelengkap untuk digunakan pada proses pengesahan STNK. Hingga 28 Desember 2023, masyarakat bisa memakai kode promo PKBJATIM untuk mendapatkan cashback saat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur lewat Tokopedia. Alq

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU