Tolak Perpanjang Kontrak, Terancam Dibekukan Barcelona

Ilaix Moriba. SP/ Barcelona

SURABAYAPAGI.com, Barcelona - Imbas dari penolakan Ilaix Moriba untuk meneken kontrak baru di Camp Nou membuatnya terancam dibekukan Barcelona. Ia tak ada dalam susunan pemain Barcelona B yang baru saja berlaga.

Ilaix Moriba tinggal menyisakan 12 bulan kontraknya bersama Blaugrana. Pihak klub telah beberapa kali menyodorkan kontrak baru kepadanya. Namun, kontrak baru yang coba disodorkan Barcelona justru ditolak oleh Moriba.

Mengingat, Moriba menjadi salah satu bakat muda dari La Masia yang menjanjikan. Ia tampil menawan saat di promosikan ke tim utama musim lalu. Gelandang 18 tahun ini tampil dalam 14 laga LaLiga dengan mampu menyumbang satu gol dan tiga assist.

Pemuda kelahiran Guinea ini dikabarkan meminta gaji yang lebih tinggi dari nilai yang diajukan Barcelona. Kubu Blaugrana tampaknya sulit mewujudkan keinginan Moriba karena tengah mengalami masalah finansial.

Sikap Moriba bahkan dikecam oleh Presiden Barcelona, Joan Laporta. Laporta menganggap Moriba seperti kacang yang lupa kulitnya.

"Dia telah kami beri kesempatan, tetapi klub tetap di atas segalanya. Mereka tidak dapat melakukan langkah seperti ini pada kami. Saya harap situasinya dapat dipulihkan. Saya merasa sedih karena dia tidak menyadari apa yang telah kami lakukan untuknya. Kami tidak akan membiarkan dia pergi secara gratis," ungkap Laporta, Rabu (4/8/2021).

Akibat sikapnya itu Moriba juga sudah diturun tingkatkan ke tim Barcelona B. Situasi tampaknya bakal semakin sulit untuk Moriba di Barcelona jika dirinya tak kunjung memperpanjang kontraknya.

Jika Moriba tetap kukuh tak memperpanjang kontraknya, Barcelona kemungkinan bakal mengambil opsi tak memainkan Moriba hingga kontraknya habis. Setelah itu, Moriba bakal bisa hengkang dari Camp Nou dengan status free transfer.

Laporta juga membeberkan bahwa pihak klub tidak akan membiarkan Moriba pergi secara gratis. Barcelona sebelumnya dikabarkan telah mematok harga Moriba dengan klausul pelepasan sebesar 100 juta euro atau sebesar Rp1,7 triliun.

“Saya merasa kesal karena dia tidak menyadari apa yang telah kami lakukan untuknya. Kami tidak akan membiarkan dia pergi secara gratis,” sambungnya.

Sementara itu, tim senior Barcelona pekan ini akan menghadapi Juventus di Joan Gamper Trophy, sedangkan Barcelona B menghadapi Girona. Ilaix Moriba tampaknya takkan bermain di dua laga ini menilik dari kondisi yang terjadi saat ini. Dsy12