Total Ekspor Hong Kong Meningkat 5 Kuartal Berturut-Turut

Kegiatan eksport dan import di Hong Kong. SP/ HGK

SURABAYAPAGI.com, Hong Kong - Dewan Pengembangan Perdagangan Hong Kong (HKTDC) mengumumkan bahwa indeks ekspornya telah meningkat untuk kuartal kelima berturut-turut menjadi 48,7 pada kuartal kedua tahun 2021, menunjukkan bahwa eksportir lokal secara bertahap mendapatkan kembali kepercayaan terhadap prospek ekspor.

Survei yang dilakukan HKTDC menunjukkan indeks ekspor naik 9,7 poin menjadi 48,7 pada kuartal II. Sejalan dengan itu, kepercayaan eksportir terus membaik di hampir semua sektor industri dan pasar utama, di mana mesin naik 13 poin menjadi 55,9 dan elektronik naik 9,8 poin menjadi 48,8, keduanya mengungguli rata-rata keseluruhan.

Di pasar ekspor, kepercayaan di daratan kembali ke wilayah ekspansi sementara sentimen yang lebih optimis terlihat di Jepang, Uni Eropa, blok Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara dan Amerika Serikat.

Direktur Riset HKTDC Nicholas Kwan mengatakan bahwa ekspor Hong Kong telah tumbuh secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir, didukung oleh kebangkitan global dalam perdagangan dan dimulainya kembali kegiatan produksi.

Total ekspor pada kuartal pertama 2021 meningkat 33,2 persen tahun-ke-tahun menjadi 1.107,8 miliar dolar Hong Kong (sekitar 142,65 miliar dolar AS).

"Pemulihan ekonomi global kemungkinan akan sangat tidak merata. Setelah mempertimbangkan sekeranjang faktor, kami memutuskan untuk merevisi perkiraan ekspor Hong Kong pada tahun 2021 naik dari 5 persen menjadi 15 persen, meskipun dari basis yang rendah," kata Kwan, menambahkan, Jumat (25/6/2021).

Ini merupakan rebound terbesar sejak pemulihan Hong Kong dari krisis keuangan global pada tahun 2010.

HKTDC melakukan survei setiap kuartal, mewawancarai 500 eksportir lokal dari enam industri besar, termasuk mesin, elektronik, perhiasan, jam tangan dan jam, mainan dan pakaian, untuk mengukur kepercayaan bisnis mereka terhadap prospek ekspor jangka pendek.

Pembacaan indeks ekspor HKTDC menunjukkan prospek optimis atau pesimis, dengan 50 sebagai garis pemisah. Dsy1