TP Kebakaran Lagi, Gara-gara Exhaust

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 17 Agu 2022 21:52 WIB

TP Kebakaran Lagi, Gara-gara Exhaust

i

Petugas pemadam kebakaran saat langsung menangani food court TP 1 yang sumber api berasal dari kedai steak Moen-moen di lantai 5

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Pengunjung Tunjungan Plaza Surabaya lagi-lagi dibuat heboh dan panik dengan kedatangan petugas pemadam kebakaran. Sumbernya berasal dari salah satu restoran di food court Tunjungan Plaza (TP) 1 Surabaya, yang asapnya mengepul tebal di area TP 1, pada Rabu (17/8/2022) sore kemarin.

Dari pantauan Surabaya Pagi yang datang di lokasi 18:00 WIB, para pengunjung panik keluar TP 1. Asap makin pekat saat berada di food court TP 1 yang berada di lantai 5. Salah satu saksi mata, menjelaskan asap pekat pertama kali  muncul di salah satu tenant di food court.

Baca Juga: Perbaiki Kulkas, Rumah dan Toko Ludes Terbakar

"Saya awalnya tau asap pekat tebal waktu mau turun dari food court. Karena tadi lagi banyak pengunjung, mereka jadinya panik. Takut kayak kebakaran kapan hari itu," jelas Martin, yang tergopoh-gopoh keluar dari TP 1, kepada Surabayapagi.com, Rabu (17/8/2022).

"Tiba-tiba, di depan sini juga sudah ada mobil PMK. Benar berarti tadi (ada kebakaran). Ada apa yah kok gampang kebakaran lagi sekarang," lanjut Martin, bertanya.

Sementara, Dedik Irianto Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Kota Surabaya memastikan sumber kebakaran di mall Tunjungan Plaza 1 Surabaya, berasal dari Kedai Steak Moen-Moen yang berada di lantai lima. Usai pemadaman, tampak tenant dan semua kedai yang berdekatan dengan lokasi kejadian telah tutup lebih awal.

Baca Juga: Gudang BBM Mentah di Tuban Terbakar, Total Kerugian Capai Belasan Juta

Api pokok berhasil padam sekitar pukul 18.30 WIB oleh karyawan Steak Moen-Moen. Namun, kepulan asap masih muncul ketika petugas PMK datang sesaat usai laporan awal pukul.17.04 WIB. Dari hasil pengecekan menyeluruh, kondisi di lokasi kejadian dipastikan aman dan tidak ada korban.

“Di dapurnya Steak Moen-Moen itu, atasnya ada motor exhaust untuk ngehisap asap. Itu yang terbakar, tapi masih sedikit dan langsung ketahuan. Jadi sudah dipadamkan. Dak (pembatas antara lantai bawah dengan lantai di atasnya) tidak mengarah ke bawah dari lantai lima tapi langsung ke atas, rooftop. Sudah dicek semua clear,” kata Dedik pada media saat ditemui di lokasi, Rabu (17/8/2022).

Baca Juga: Gegara Sisa Pembakaran Kayu, Pabrik Jajanan Tradisional di Jombang Dilahap Si Jago Merah

Meski begitu, belum diketahui pasti kelayakan penggunaan motor exhaust di kedai itu. Ketika petugas PMK tiba, kondisi motor exhust sudah hangus terbakar. Menurut Dedik, bisa jadi karena usia atau beban pekerjaan.

“Mekanik itu kan tidak tahu lah, atau mungkin karena usia atau beban pekerjaan. Lagi laris-larisnya, aktivitas tinggi sekali, akibatnya dari situ. Motor exhaust belum dibongkar tapi sudah tidak diaktifkan sekarang. imbuhnya. min/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU