TP PKK Sidoarjo Gelar Sosialisasi Dukung Program Ketahanan Pangan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 29 Mar 2023 08:48 WIB

TP PKK Sidoarjo Gelar Sosialisasi Dukung Program Ketahanan Pangan

i

Ketua TP PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Sa'adah Ahmad Muhdlor saat menghadiri sosialisasi pemanfaatan lahan pekarangan keluarga. SP/ Hikmah

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - TP-PKK Kabupaten Sidoarjo melihat pentingnya ketahanan keluarga di masa ini. Hal tersebut tercermin dari kondisi pandemi Covid19 beberapa tahun lalu. Banyak masyarakat yang tidak dapat memenuhi bahan pangannya sendiri. 

Mengantisipasi hal tersebut, TP-PKK Kabupaten Sidoarjo menggelar sosialisasi pemanfaatan lahan pekarangan keluarga. Diharapkan lewat sosialisasi tersebut anggotanya dapat memenuhi kebutuhan pangannya secara mandiri. 

Baca Juga: Ratusan Warga Desa Kedinding Sidoarjo Terima Bansos Beras

Acara sosialisasi pemanfaatan lahan pekarangan keluarga yang dilaksanakan di kantor Kecamatan Gedangan tersebut dibuka langsung Ketua TP PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Sa'adah Muhdlor S. Hum, Selasa (28/03/2023). 

Kegiatan yang dihadiri  Camat Gedangan serta perwakilan TP PKK desa Se-Kecamatan Gedangan. Dalam sosialisasi tersebut dihadirkan narasumber dari Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo. 

Kegiatan yang digagas oleh Pokja 3 TP-PKK Sidoarjo itu bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang pentingnya ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di pekarangan rumah. 

Lahan kosong tersebut dapat dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis tanaman sebagai sumber bahan pangan keluarga. 

Baca Juga: Pemkab Sidoarjo Bangun Drainase Sepanjang 1 KM di Ruas Jalan Beton Geluran – Suko 

Beberapa metode penanaman yang dapat dipraktekkan adalah vertikultur, wall garden, serta aquaponic seperti yang sudah dipraktekkan oleh Puskesmas Tulangan. 

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Sa'adah Ahmad Muhdlor mengatakan acara ini didasari oleh program ketahanan pangan desa. 

Salah satu tujuannya untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Ia ingat tentang kondisi beberapa tahun lalu ketika pandemi Covid19 melanda. 

Baca Juga: Demo Tuntut KPK Putuskan Status Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor

Banyak warga yang kekurangan bahan pangan. Hal tersebut memperlihatkan betapa pentingnya program ketahanan pangan secara mandiri dimasa sekarang. 

"Diharapkan kegiatan ini dapat membantu masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada di pekarangan rumah dan meningkatkan kemandirian pangan keluarga di wilayah Kabupaten Sidoarjo," ucapnya, Rabu (29/03/2023).

Dalam sosialisasi kali ini juga diisi dengan praktek menanam langsung di lahan kosong yang ada di sekitar kantor Kecamatan Gedangan. Hik

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU