Transformasi Wajah Kota Surabaya ke Depan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 30 Mei 2021 15:26 WIB

Transformasi Wajah Kota Surabaya ke Depan

i

Sebagai kota jasa, Surabaya direncanakan akan memiliki tempat-tempat yang strategis untuk bisa menggerakkan ekonomi.SP/ALQ

SURABAYAPAGI, Surabaya - Tepat di hari Senin 31 Mei 2021 besok, Kota Surabaya akan memasuki usianya yang ke 728 tahun. Meski telah berusia lebih dari tujuh abad, tentunya transformasi pembangunan di Kota Surabaya ini tak lepas dari tangan dingin para pemimpin di setiap masanya.

 Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi pun mengungkapkan salah satu gambaran wajah pembangunan Kota Pahlawan ke depan. Menurutnya, karena Surabaya tergolong sebagai kota jasa, maka harus ada tempat-tempat yang strategis untuk bisa menggerakkan ekonomi. 

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

Bagi Wali Kota Eri, untuk menggerakkan ekonomi masyarakat, tak hanya dilakukan dengan cara memberikan peluang kepada para investor besar. Tapi, bagaimana bisa menggerakan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Surabaya. 

"(Menggerakkan) ekonomi, tidak hanya kita memberikan peluang kepada investor yang besar- besar. Tapi, bagaimana menggerakkan ekonomi ini juga bisa dari UMKM yang kita bina. Inilah wajah Kota Surabaya (ke depan)," kata Wali Kota Eri, Minggu (30/5).

 Untuk itu, langkah yang harus dilakukan adalah bagaimana menciptakan sebuah tempat baru di Surabaya yang bisa bermanfaat dan memberikan impact besar bagi pelaku UMKM. Artinya, tempat tersebut sebagai salah satu bentuk investasi yang dapat berimpact terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat.

 "Bukan infrastruktur yang memang harus tampak, tetapi tidak langsung menyentuh ke masyarakat. Tapi, kita harus membuat sesuatu yang baru, investasi yang baru dan itu bisa menarik masyarakat yang bekerja di sana," jelas Wali Kota Eri. 

Meski demikian, terobosan yang bakal dilakukannya ini tentu dibutuhkan sebuah akses dukungan transportasi. Makanya, Wali Kota Eri juga menyatakan, bahwa Pemkot Surabaya saat ini tengah fokus menyediakan akses transportasi massal.  

Baca Juga: Mengatasnamakan Media Nasional, Warga Lamongan Diperas Wartawan Gadungan

"Karena memang saat ini kita fokus ke transportasi massal," ungkap dia.

Terobosan lain yang sedang disiapkan Wali Kota Eri adalah bagaimana menyiapkan sebuah tempat yang dapat menjadi pusat jujukan kegiatan masyarakat. Misalnya, dalam bidang olahraga, lokasi yang dipilih adalah kompleks Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

 Nah, di kompleks tersebut, tentu harus ada beberapa variabel pendukung. Seperti, untuk lintasan lari atau fasilitas olahraga pendukung lainnya. Maka, secara otomatis di kompleks tersebut juga terbentuk rumah-rumah makan serta kafe. 

Baca Juga: Unesa Terima 4.733 Camaba Lewat Jalur SNBP 2024

"Nah, wajah Surabaya (akan) kita ubah seperti itu. Jadi investasi yang masuk, sesuatu yang dibangun oleh pemerintah itu adalah yang bisa menunjukkan bahwa warga Surabaya tidak ada lagi yang tidak bisa bekerja," ujar Alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya ini.

 Di samping itu, salah satu fokus rencana ke depan Wali Kota Eri adalah berkaitan dengan restorasi pasar tradisional. Rencananya, di tahun 2022 mendatang, Pemkot Surabaya memiliki planning dengan menjadikan beberapa pasar sebagai percontohan prioritas.

 "Jadi dia (pasar) tetap menjual kebutuhan pokok, sayur, beras dan sebagainya. Tapi bentuknya dia menjadi pasar yang bersih, kayak supermarket, ada trolinya. Itu sedang kita bentuk sekarang. Insya allah kita akan terapkan di tahun 2022," pungkasnya. Alq

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU