Tren Pola Hidup Vegan Meningkat, Vegan Festival Kembali Digelar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 09 Des 2022 09:32 WIB

Tren Pola Hidup Vegan Meningkat, Vegan Festival Kembali Digelar

i

Bazar produk dan makanan vegan di Vegan Festival 2022, Kamis (8/12/2022).

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Tren masyarakat untuk menjalani pola hidup sehat berbasis nabati (Vegan) di Indonesia khususnya di Kota Surabaya terus meningkat. Bahkan konsep pola hidup vegan menjadi salah satu pola makan untuk diet dan telah diterapkan di beberapa sekolah.

Banyak masyarakat yang secara perlahan beralih menjadi seorang Vegan dengan tidak mengkonsumsi makanan/minuman serta menggunakan produk yang berasal dari hewani.

Baca Juga: DSDABM Kota Surabaya Akan Segera Tuntaskan 245 Titik Banjir di Surabaya

Hal tersebut terlihat dalam penyelenggaraan Vegan Festival 2022 yang digelar di Grand City Exhibition Hall Surabaya pada tanggal 8-11 Desember 2022.

Event ini merupakan event nasional yang telah masuk dalam program tahunan pemerintah. Kegiatan ini juga telah mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta.

Acara ini juga diikuti oleh berbagai tenant mitra Indonesia Vegetarian Society (IVS) dan juga terbuka untuk masyarakat umum. Adapun Vegan Festival kali ini kami mengangkat tema "Wonderland Indonesia".

Ketua IVS Jatim Susanto mengungkapkan, Vegan Festival 2022 diikuti oleh sekitar 120 tenant yang menawarkan sekitar 500 macam minuman dan makanan nabati.

Adapun event tersebut pertama kali diadakan pada 2011. Susanto mengatakan, jumlah peserta terus meningkat begitu juga dengan jumlah pengunjung. Pada Vegan Festival 2019, jumlah pengunjung mencapai sekitar 30 ribu orang. Ia optimistis jumlah pengunjung kali ini akan meningkat atau minimal sama dengan pada 2019.

Baca Juga: Wali Kota Surabaya Minta Surveyor Gali Informasi untuk Atasi Kemiskinan

“Terus bertambahnya jumlah peserta dan meningkatnya pengunjung, menunjukkan animo masyarakat yang tinggi terhadap Vegan Festival dan kesadaran tentang pola hidup sehat. Kesadaran ini diharapkan juga dibarengi dengan keinginan untuk menerapkan pola hidup sehat yang dapat menjaga kebugaran dan imunitas tubuh,” kata Susanto, Kamis (8/12/2022).

Sementara itu, Presiden World Vegan Organization (WVO) Dr. Susianto MKM dalam kesempatan tersebut mendorong masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan. Hal ini harus dimulai dari keluarga. Orang tua harus memberikan contoh, jika ingin anak-anaknya menyukai sayuran dan buah-buahan.

“Bagaimana anak bisa suka makan sayuran dan buah-buahan kalau orang tuanya sendiri tidak suka,” ujarnya.

Baca Juga: DPMPTSP Kota Surabaya Target Capaian Investasi 2024 Rp40 T

Susianto menambahkan, pola hidup sehat berbasis nabati, juga dapat mencegah terjadinya penyakit kanker hingga jantung.

"Produk makanan nabati mengandung banyak lemak tak jenuh sehingga dapat mencegah penyakit kanker hingga jantung," jelasnya.

Selain diisi dengan bazar produk dan makanan Vegan, event ini juga dimeriahkan oleh berbagai acara yang menarik dan bermanfaat bagi para pengunjung di antaranya workshop dan talkshow, demo masak, KAPHA yoga, berbagai lomba, meet and greet bersama Jehian Panangian Sijabat & Leonardo Edwin, serta medical checkup. ari

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU