Triwulan I 2021, Pelabuhan Tanjung Perak di Lewati 15 Trayek Tol Laut

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 13 Apr 2021 12:48 WIB

Triwulan I 2021, Pelabuhan Tanjung Perak di Lewati 15 Trayek Tol Laut

i

Trayek tol laut di pelabuhan Tanjung Perak Triwulan I tembus 15 trayek. SP/ Tempo

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Sepanjang triwulan I atau dari Januari hingga Maret 2021, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menjadi salah satu pelabuhan pangkal dengan trayek tol laut terbanyak di Indonesia.

Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Arif Toha menjelaskan, kurang lebih sekitar 50 persen trayek tol laut yang ada di Indonesia berlabuh di Tanjung Perak.

Baca Juga: Manfaatkan Aset, Pemkot Surabaya Bangun 8 Lokasi Wisata Rakyat 

"Dari catatan kami, mulai awal 2021 hingga Maret lalu ada sekitar 15 trayek tol laut yang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Perak. Dari 15 trayek tersebut kami berhasil memberangkatkan 2300 TUEs sedangkan untuk aktifitas bongkar dari muatan balik yang datang sebanyak 709 TUEs," kata Arif Toha, Selasa (13/04/2021).

Berdasarkan data dari Ditjen Hubla, saat ini jumlah trayek tol laut di Indonesia sebanyak 30 trayek. Keseluruhan trayek ini melibatkan setidaknya 106 pelabuhan, yang terdiri atas 9 pelabuhan pangkal, dan 97 pelabuhan singgah.

"Dari 15 trayek ini, sebagian besar rutenya dari dan ke pelabuhan singgah di timur Indonesia. Meski begitu ada beberapa rute di Sulawesi dan Kalimantan yang disinggahi, meliputi pelabuhan Makassar, Tarakan dan Nunukan," jelasnya.

Baca Juga: Dampingi Siswa Inklusi, Guru di Surabaya Diberi Pembekalan

Secara lebih rinci, 15 trayek dari dan ke Pelabuhan Tanjung Perak tersebut, terdapat 2 trayek yang membawa muatan balik dan berangkat cukup besar. 

Dua trayek muatan berangkat tersebut adalah trayek T-10 rute Tanjung Perak, Tidore, Morotai, Galela, Maba, Weda dan Tanjung Perak. T-10 ini membawa muatan berangkat sebanyak 444 TUEs dan muatan balik 230 TUEs. 

Selain trayek T-10, ada juga trayek H-1 rute Tanjung Perak, Makassar, Tahuna dan Tanjung Perak. Trayek H-1 membawa muatan berangkat sebanyak 253 TUEs dan muatan balik sebanyak 121 TUEs.

Baca Juga: Oknum Polisi di Surabaya Cabuli Anak Tirinya Sejak SD Selama 4 Tahun, Korban Trauma Berat

"Jadi kita bersyukur kalau (Pelabuhan) Tanjung Perak merupakan pelabuhan banyak disinggahi Tol Laut," syukurnya. Sem

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU