Tukang Parkir Indomaret dan Alfamart Meresahkan

Meski jelas ada tulisan Bebas Parkir, tukang parkir di Indomaret ataupun Alfamart bebas memunguti uang parkir ke pembeli. SP/TIM

SURABAYAPAGI, Surabaya – Kehadiran tukang parkir di Indomaret dan Alfamart meresahkan. Pasalnya, di setiap bangunan dua minimarket penguasa ini selalu tertulis 'Bebas Parkir'. Tapi faktanya, mayoritas parkiran mereka selalu dijaga tukang parkir. Warga pun banyak mengeluhkan kehadiran mereka. Bahkan tak jarang, terjadi gesekan antara pembeli dan juru parkir liar ini.

Iwan, warga Simo, Surabaya salah satunya. Ia marah karena ditariki parkir justru saat barang yang akan dibelinya tidak ada di minimarket.

"Saya masuk Indomaret, mau beli materai, eh materainya gak ada, lalu saya keluar, loh sudah ditariki parkir. Padahal saya gak ada semenit di dalam,"keluh pria berusia 40 ini.

Ia menambahkan, akhirnya ia menolak memberi uang dan tukang parkirnya marah. "Sampe ngotot-ngototan dilihat orang, daripada tambah ramai, saya kasih deh dua ribu sambil tak umpat,"seloroh lelaki berprofesi marketing ini.

Senada, hal yang sama diungkapkan mama muda bernama Yanti. Hanya beli air mineral yang harganya tak sampai Rp 2.500, dia harus dipalak tukang parkir.

"Air mineral harganya dua ribu tiga ratus, saya keluar toko, dimintai parkir dua ribu, lha ini apa-apaan. Ya saya marah dong. Gak ngurus gak tak bayar,"ucap wanita cantik ini.

Terkait banyaknya keluhan pembeli ini, manajemen Indomaret maupun Alfamart terkesan membiarkan keberadaan mereka. Belum ada statement resmi soal ini, dari dua raksasa franchise minimarket ini.tim