Tumbuhkan Atlet dari Kaum Disabilitas, Pemkab Mojokerto Gelar Lomba Paralimpik Tingkat Pelajar 2022

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 10 Agu 2022 15:53 WIB

Tumbuhkan Atlet dari Kaum Disabilitas, Pemkab Mojokerto Gelar Lomba Paralimpik Tingkat Pelajar 2022

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Pemerintah Kabupaten Mojokerto melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) menggelar Lomba Paralimpik Tingkat Pelajar se-Kabupaten Mojokerto Tahun 2022 di stadion GOR Gadjah Mada, Mojosari, Rabu (10/7) pagi.

Sedikitnya ada 3 Cabang olahraga yang akan diperlombakan kali ini, yakni Cabor tenis meja dan Cabor atletik lari 100 dan 80 meter, yang diikuti total 70 peserta dari siswa dan siswi Sekolah Luar Biasa (SLB) dan sekolah inklusi di Kabupaten Mojokerto.

Baca Juga: Pemkab Mojokerto Gelontorkan Bantuan Cadangan Pangan Untuk 6 Desa Terdampak Banjir

Peserta yang mengikuti masing-masing, dari Cabor Tenis Meja Putra, yang meliputi fasilitasi tunarungu, tunawicara, tunagrahita dan tunadaksa sejumlah 9 peserta. Kemudian Tenis Meja Putri dengan fasilitasi tunarungu, tunawicara 5 peserta. Selanjutnya Atletik Lari 100 Meter dengan fasilitasi tunarungu, tunagrahita sebanyak 33 peserta, dan Atletik Lari 80 Meter dengan fasilitasi tunarungu dan tunagrahita 23 peserta. 

Dalam arahannya, Bupati Ikfina Fahmawati mengatakan sangat bangga bisa berada di tengah-tengah para anak-anak yang sangat luar biasa ini, ia juga berharap pertandingan ini bisa diikuti dengan baik dan kemudian dari pertandingan ini Kabupaten Mojokerto akan mendapatkan calon atlet paralimpik

"Jadi nanti tidak boleh berhenti sampai disini, terus berlatih sehingga nanti akan bisa menjadi wakil Kabupaten Mojokerto untuk berlomba di tingkat provinsi dan seterusnya," katanya.

Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga menyampaikan, dalam perlombaan ini penekanannya tidak hanya harus menang, tetapi bagaimana mereka merasa gembira dan dihargai. Ia pun berpesan kepada seluruh peserta yang mengikuti lomba paralimpik 2022 untuk selalu bersemangat dan jaga sportifitas dalam bertanding. Sehingga semua aktivitas yang dilakukan akan bisa menghasilkan sesuatu di kemudian hari. 

Baca Juga: Bupati Mojokerto Kembali Launching 'Wulandari' di Pasar Kedungmaling

"Dalam perlombaan ini pasti ada yang menang dan kalah. Kalau tidak menang tidak apa-apa yang penting kita semua semangat dan terus berlatih lagi, disisi yang lain untuk yang menang raihlah kemenangan dengan sportif dan bermartabat," ucapnya.

Ikfina juga berpesan untuk selalu berbangga dengan kondisi yang dimiliki, baik kelebihan maupun kekurangan, karena menurut Ikfina sebagai manusia pasti punya kekurangan dan kelebihan.

"Mari kita fokus pada kelebihan, karena keberhasilan kita ini ditunjang dan disupport oleh kelebihan yang kita miliki. Kita biarkan kekurangannya, mari kita terima ini sebagai bagian dari Allah menguji kesabaran kita. Ayo kita fokus pada kelebihan," ungkapnya.

Baca Juga: Hadiri Raker PKK, Bupati Ikfina Jelaskan Soal Mandatory Spending

Sementara itu, Kepala Disbudporapar Kabupaten Mojokerto, Norman Handito mengungkapkan, Lomba Paralimpik 2022 ini bertujuan untuk menjaring dan memupuk bibit-bibit unggul atlet Kabupaten Mojokerto di bidang olahraga para penyandang disabilitas.

“Sehingga saya harapkan akan muncul talent-talent di bidang olahraga para yang bisa berlaga di tingkat regional provinsi Jawa Timur, di tingkat nasional dan bahkan tingkat paralimpiade internasional. Seperti Nabila atlet tenis meja yang berhasil meraih juara 1 di Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) 2021," pungkasnya. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU