Turunkan Fatalitas Korban Kecelakaan Lalu Lintas, Polres Tanjung Perak Gelar Pelatihan PPGD

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 20 Nov 2022 12:37 WIB

Turunkan Fatalitas Korban Kecelakaan Lalu Lintas, Polres Tanjung Perak Gelar Pelatihan PPGD

i

Pelatihan PPGD oleh Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Kepolisian Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menggelar pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) untuk menurunkan fatalitas korban kecelakaan lalu lintas di Hotel Mercure Grand Mirama Jalan Raya Darmo Surabaya pada Sabtu, (19/11/2022).

Kegiatan dibuka langsung oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKBP Anton Elfrino Trisanto, serta dihadiri pejabat Kajari Tanjung Perak yang diwakilkan Kasubdi Pratut Herlambang, Kadishub Surabaya diwakilkan 2 anggota Staff Bidang Lalulintas dishub Surabaya.

Baca Juga: Cegah Inflasi di Surabaya , BLT Rencana Dicairkan untuk Keluarga Miskin

Kemudian Fahmi Tomi selaku narasumber pada kegiatan PPGD, Kadinkes Surabaya diwakili Staf Fahmi, Kepala Jasa Raharja I Wayan Pica S.H, Kadisbudporapar diwakili oleh Maratus sholika, Direktur RS PHC diwakili oleh Dr Denny PIC IGD PHC, Pimpinan cab BRI Pahlawan diwakili oleh Staf M Khomar Bahaqi, Ketua PT MPM Honda diwakili oleh Fendrik.

AKBP Anton Elfrino Trisanto Kapolres melalui AKP Eko Adi Wibowo Kasatlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mengungkapkan, pelatihan pertolongan pertama gawat darurat (PPGD), safety riding, safety driving serta publik speaking diberikan kepada anggota Satlantas dan Polsek Jajaran Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Keterbatasan pengetahuan masyarakat dalam memberikan pertolongan pertama kepada korban kecelakaan lalu lintas sangat berdampak kepada tingkat fatalitas dari korban itu sendiri," kata AKP Eko.

AKP Eko menuturkan, pelatihan ini guna meningkatkan skill kemampuan anggota dalam melaksanakan tugas pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Kondisi ini tentunya sudah saatnya mendapat perhatian semua unsur baik pemerintah melalui Instansi terkait maupun seluruh lapisan masyarakat," ujar AKP Eko.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, perwakilan Jasa Raharja Surabaya Wayan Pica, S.H mengatakan, Jasa Raharja sebagai Badan Usaha Milik Negara bertugas memberikan jaminan dasar kecelakaan penumpang lalu lintas jalan.

Baca Juga: Polres Pelabuhan Tanjung Perak Cek BBM di SPBU

"Tergugah memiliki tanggung jawab moral untuk mengantisipasi dengan menggelar Pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) kepada perwakilan masyarakat yang kali ini dilaksanakan di Mercure Grand Mirama Jalan Darmo No.68-78 Surabaya," jelas Wayan.

Dinas PerhubunganTomy Firmansyah, S.H.  menjelaskan, PPGD merupakan kegiatan edukasi dengan tujuan utama memberikan keterampilan pemberian pertolongan pertama dalam kondisi gawat darurat, khususnya kecelakaan lalu lintas.

"Dimana dengan pelatihan ini diharapkan dapat menekan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas," ungkap Tomy Firmansyah.

Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Herlambang, S.H. menyampaikan kegiatan ini melibatkan semua unsur dari masyarakat, yang terdiri atas masyarakat di sekitar titik rawan laka lantas di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Baca Juga: Hendak Tawuran, Gerombolan Gangster All Star Surabaya Diamankan

“Kami berharap melalui kegiatan ini, semakin banyak masyarakat yang memiliki keterampilan yang cukup untuk memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan lalu lintas," kata Herlambang.

Dikatakan dr. Denny Effendi Rs Phc Tanjung Perak Surabaya, tingkat keberhasilan perawatan pada korban kecelakaan, sangat bergantung pada penanganan pertama.

"Sehingga tingkat fatalitas korban kecelakaan tidak hanya karena kasusnya saja tapi juga disebabkan kesalahan pada saat penanganan awal kepada korban," jelas dr. Denny. ari

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU