Tutup Setahun, Wisata Gunung Kelud Kembali Buka

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 11 Apr 2021 17:17 WIB

Tutup Setahun, Wisata Gunung Kelud Kembali Buka

i

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana berkoordinasi dengan warga di lokasi wisata Gunung Kelud.

 

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Pasca tutup sejak awal Pandemi covid-19 pada 2020 lalu, wisata Gunung Kelud resmi dibuka kembali. Wisata gunung Kelud yang merupakan salah satu wisata favorit itu ditutup selama setahun lebih.

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri: Perlu Dukungan Seluruh Pihak untuk Mengimplementasikan Smart City

Meski telah dibuka kembali, sejumlah aturan diterapkan secara ketat oleh petugas bagi para pendaki maupun wisatawan, salah satunya penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Dalam pembukaan wisata ini para petugas menerapkan protokol kesehatan yang ketat mulai dari memakai masker, faceshield, sarung tangan demi mencegah penularan. 

Sementara itu pengunjung yang masuk wajib pakai masker, diukur suhu tubuhnya, mencuci tangan dan menjaga jarak. 

Adapun setiap warung makan wajib menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitazer, sedangkan untuk tukang ojek juga harus menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo mengatakan uji coba  ini merupakan awal dibukanya wisata yang ada di Kabupaten Kediri. 

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Statistik Sektoral OPD, Pemkot Kediri Gelar Evaluasi dan Review

"Kami telah menyiapkan sarana dan prasana yang menunjang protokol kesehatan. Walaupun hari ini masih coba, namun kita harus serius dalam menjalankannya," ujarnya Minggu (11/4/2021).

Menurut Adi Suwingyo bahwa pihaknya juga bekerja sama dengan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kediri, Polri dan TNI dalam melaksanakan uji coba pembukaan wisata ini.

"Nantinya satuan tugas covid-19 akan melaksanakan evaluasi terkait uji coba pembukaan wisata. Tidak hanya pada hari ini saja, namun secara berkelanjutan sampai beberapa hari kedepan akan dilaksanakan monitoring dan evaluasi,”imbuh Kadinas Pariwisata Kabupaten Kediri.

Adi Suwingyo menjelaskan, bahwa uji coba yang dilakukan ini sudah berjalan cukup baik.

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri Serahkan SK Pensiun ke 50 PNS Kota Kediri

"Petugas sudah menjalankan tugasnya dengan baik. Nantinya jika ada pengunjung yang terindikasi suhu tubuhnya tinggi akan ditempatkan di ruang isolasi dan petugas dari Dinas Kesehatan akan mengecek kondisinya," tuturnya.

Selain Gunung Kelud, menurut Adi Suwingyo bahwa pihaknya juga melakukan uji coba wisata di tempat lain.

"Uji coba pembukaan wisata ini tak hanya Gunung Kelud, tetapi ada Wisata Besuki dan Sumber Podang. Karena Ketiga tempat wisata tersebut merupakan wisata andalan yang paling banyak pengunjungnya," terangnya.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU