Ubah Limbah Kresek Jadi Bunga Cantik Bernilai Jual Tinggi

Eny Mujayanah dengan karya bunga kresek miliknya. SP/ MDN

SURABAYAPAGI.com, Madiun - Eny Mujayanah mengubah limbah tas plastik atau kresek menjadi berbagai bunga cantik dan bernilai jual. Eny pun semakin termotivasi untuk membuat bunga dari kresek setelah ia bergabung dengan komunitas perajin bunga kresek.

Eny yang merupakan Perajin bunga dari tas kresek (bunga kresek) ini mengaku awalnya bunga kresek karya pertamanya dipersembahkan untuk ibunda tercinta. Setelah itu, dikebanjiran order. Bahkan ada yang pesan lima pot sekaligus. Pesanan datang dari tetangga, teman dan saudara. "Bahkan ada juga orang yang memesan dari Gresik," ungkap Eni, dikutip Minggu (28/4/2021).

Salah satu hasil karya bunga kresek Eny Mujayanah. SP/ MDN

Sedangkan untuk membuat bunga kresek tersebut dibutuhkan bahan dan peralatan membuat bunga kresek cukup sederhana.  Yang dibutuhkan hanyalah kresek, kawat, kapas, pelipit bunga, lem tembak, selotip, putik bunga. Sedangkan alat yang digunakan gunting, tang, lem tembak, setrika.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Kresek disetrika, setelah itu digunting persegi, ukuran sesuai selera. Dilipat sebanyak 3 kali, 4 kali, 5 kali dan seterusnya tergantung ingin membuat berapa banyak kelopak.

Kresek yang sudah disetrika bisa dibuat bermacam-macam bunga.  Seperti mawar, anggrek, daisy, matahari, keladi, bahkan janda bolong yang saat ini sedang naik daun pun bisa dibuat. 

Hasil karya bunga kresek bisa digunakan untuk hiasan rumah dengan ditempel atau sebagai bunga meja. Juga cocok untuk buket untuk kado di hari istimewa. "Harga bervariasi mulai Rp 20 ribu tergantung ukuran dan tingkat kerumitan," ujar Eni perajin bunga  dari tas kresek dari Madiun. Dsy9