Uinsa Gelar Acara HAB Ke-75 Kemenag RI

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 05 Jan 2021 20:25 WIB

Uinsa Gelar Acara HAB Ke-75 Kemenag RI

i

Uinsa Gelar Upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kemenag RI.Selasa (05/01/2021).SP/ MOCHAMMAD KASYFI FAHMI

 SURABAYAPAGI,Surabaya - Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (Uinsa) Surabaya gelar Upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama Republik Indonesia. Upacara yang berlangsung secara khidmat itu dilangsungkan pada Selasa (05/01/2021).

 Pembukaan sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas dalam acara ini menandai dua pekan pasca dilantik pada Rabu, 23 Desember 2020. Upacara perdana bagi Menag RI yang akrab disapa Gus Yaqut tersebut secara resmi digelar dua hari dari tanggal resmi berdirinya Kemenag, yakni 3 Januari 1946. 

Baca Juga: Ribuan Mahasiswa/Mahasiswi S1, S2 dan S3 UINSA Diwisuda

Momentum HAB, menurut Menag RI, diharapkan bisa menjadi sarana menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai yang lebih baik lagi di masa mendatang. “Kementerian Agama memberikan anugerah penghargaan dan apresiasi kepada seluruh elemen umat beragama tanpa membedakan satu sama lain, atas dukungan, sinergi dan kebersamaannya mengawal tugas-tugas Kementerian Agama,” ujar Prof. H. Masdar Hilmy, S.Ag, M.A, Ph.D., Rektor Uinsa. 

IMG_6464IMG_6464

Baca Juga: 4,2 Juta Orang Butuh Vaksin Dosis Kedua

Menag RI menilai, Tema “Indonesia Rukun” sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa untuk maju. Karena tanpa hal itu, akan sangat sulit untuk menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.

“Toleransi dan kerukunan antar umat   beragama dilakukan dengan tanpa mengusik aqidah dan keimanan masing-masing pemeluk agama. Pengalaman membuktikan, toleransi dan kerukunan tidak tercipta hanya dari satu pihak, sedangkan pihak yang lain berpegang  pada hak-haknya sendiri,” tegas Prof. H. Masdar Hilmy, S.Ag, M.A, Ph.D.

Baca Juga: Pemkot terus Dukung Serbuan Vaksin ke Kampus-kampus di Surabaya

Dalam kesempatan ini, Rektor Uinsa Surabaya itu menuturkan, “Mari mengedepankan akal sehat dan hikmah/kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan saat ini maupun di masa-masa yang akan datang. Mari jadikan agama sebagai inspirasi pembangunan bangsa dan negara. Dan mari kita senantiasa berdoa semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, melimpahkan rahmat, taufiq, dan ampunan-Nya kepada kita semua,” pungkasnya. mbi

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU