UK Petra Ciptakan Robot Medis di Tengah Pandemi COVID-19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 26 Jun 2020 17:35 WIB

UK Petra Ciptakan Robot Medis di Tengah Pandemi COVID-19

i

Presentasi robot SPERO di Selasar Gedung P Universitas UK Petra yang dilakukan oleh Rektor dan Tim SPERO.SP/BYT

SURABAYAPAGI, Surabaya - Setelah kemunculan beberapa robot yang membantu para tenaga medis, kini hadir karya anak bangsa dari tim dosen UK Petra bernama SPERO.

Baca Juga: Unesa Terima 4.733 Camaba Lewat Jalur SNBP 2024

Support for Pandemic and Epidemic Robot yang disingkat SPERO, merupakan nama robot yang dilaunching pada Jumat (26/06/20) yang nantinya akan diserahkan kepada Rumah Sakit Royal Surabaya.

"Keunikan utama SPERO ini terletak pada sifatnya yang Open Source, sehingga semua file terkait robot akan dibuka untuk umum secara gratis. Mulai dari desain mekanik robot, kode program robot dan lain-lain. Itu artinya siapapun tinggal mengembangkannya saja. Sehingga diharapkan akan muncul inovasi-inovasi baru dalam dunia ilmu pengetahuan untuk membantu kesejahteraan hidup manusia" ungkap Dr. -Ing. Indar Sugiarto, S.T., M.Sc., selaku Ketua tim SPERO dan dosen Prodi Teknik Elektro UK Petra.

Secara umum, robot ini berfungsi untuk membawa obat atau makanan pada pasien, sehingga dapat mengurangi interaksi langsung antara perawat dan pasien.

Tim SPERO ini terdiri dari lima dosen dan tiga laboran Prodi Teknik Elektro dan Teknik Mesin UK Petra. Mereka membuat robot ini dalam waktu dua bulan. Lebih lama daripada yang direncanakan sebab sulitnya koordinasi kerja di tengah masa pandemi COVID-19 dan beberapa komponen sulit didapatkan.

Perawat juga dapat mengoperasikan robot ini dari jarak jauh via internet. Robot ini juga dapat memfasilitasi komunikasi jarak jauh (video conference) antara pasien dan tenaga medis.

"Robot ini menjadi kontribusi dari UK Petra untuk dunia kesehatan, akan dilanjutkan dengan robot dengan fungsi yang lain agar penyebaran COVID -19 dapat ditekan" terang Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., selaku rektor UK Petra Surabaya.

SPERO ini dirancang, agar mobile base yang artinya dapat terpisah dengan mekanik bagian atas, supaya robot dapat digunakan untuk tujuan lain. Misalnya, dengan mengganti rak atas dengan bagian yang relevan. Tak hanya itu saja, robot ini dapat digunakan sebagai guide robot di museum, ataupun telepresence robot pada wisuda online. 

Robot SPERO ini juga memiliki mekanisme charging yang mudah, dengan menancapkan colokan pada lighter socket, untuk meminimalisir kontak antara robot dengan operator.

"Sebelum diserahkan pada Rumah Sakit Royal, Surabaya robot ini telah mengalami masa uji coba terlebih dahulu. Sangat senang dan antusias sekali Rumah Sakit Royal mendapatkan alat bantu seperti ini. Sebab ini meringankan kinerja tim medis dengan meminimalisir interaksi langsung antara perawat atau dokter kami dengan pasien Corona" pungkas Drg. Henny Poeri Margastuti, MARS., selaku Direktur Rumah Sakit Royal.Byt

Baca Juga: Mengatasnamakan Media Nasional, Warga Lamongan Diperas Wartawan Gadungan

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU