UK Petra Hadirkan Dua Program Baru, IoT dan DSA

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 11 Agu 2020 17:14 WIB

UK Petra Hadirkan Dua Program Baru, IoT dan DSA

i

Peserta program DSA yang belajar di Belanda sesuai program studi yang diambil di UK Petra Surabaya.SP/BYTA

SURABAYAPAGI, Surabaya - Saat ini telah banyak peralatan modern sampai dengan alat transportasi yang bertujuan memudahkan manusia untuk menggunakannya. Termasuk juga teknologi kecerdasan (AI) yang semakin berkembang makin cerdas.

Hal ini sangat menarik untuk dipelajari lebih dalam agar semakin banyak profesional Indonesia menguasai di bidang tersebut. 

Baca Juga: Pemkot Surabaya Usulkan SERR ke Pusat

Universitas Kristen Petra (UK Petra) kembali mengeluarkan dua program baru mulai semester gasal 2021/2022, yaitu program Internet of Things (IoT) dan program Data Science & Analytics (DSA). Keduanya dibawah naungan Fakultas Teknologi Industri (FTI) UK Petra. 

"Kami merespon perkembangan dan peran penguasaan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 serta Society 5.0 yang mempengaruhi semua bidang kehidupan manusia. Termasuk dampaknya dalam dunia bisnis, kesehatan, transportasi, pariwisata, pendidikan hingga ekonomi," ungkap Dr. Juliana Anggono, S.T., M.Sc., selaku Dekan FTI UK Petra.

Selama delapan semester para mahasiswa akan mendapatkan materi pembelajaran seperti teknik akuisisi data dengan Sensor, Konektivitas, Pemrograman, Big Data Storage dan Pemrosesan Data dengan AI. Tak hanya itu saja, dalam program baru ini juga akan mendapatkan pengalaman internasionalisasi diantaranya dengan negara China dan Korea.

"Internet of Things (IoT) nantinya mahasiswa akan belajar konsep dan skill praktis dengan memanfaatkan semaksimal mungkin internet untuk saling menghubungkan berbagai aspek kehidupan manusia mulai dari industri, kesehatan, hotel, healthcare dan lain-lain. Harapannya mampu melakukan akuisisi data tanpa intervensi manusia,"tambah Juliana.

Baca Juga: Tingkatkan Kepuasan Masyarakat, Satpas SIM Colombo Gaungkan Pelayanan Prima dan Transparansi

Data Science & Analytics (DSA) juga berbeda dengan IoT, dalam program DSA mahasiswa belajar untuk meng-handle data, menganalisanya sehingga data bermakna untuk sebuah pengambilan keputusan.

"Pengambilan keputusan berbasiskan data menjadi keunggulan bersaing bagi organisasi bahkan negara. Bagi sebuah perusahaan, kemampuan membaca data dengan cepat dan tepat menjadi sebuah kebutuhan di masa Revolusi Industri 4.0 ini. Sebab Big Data mulai dari Volume-Velocity-Variety dan Veracity cukup rumit," terangnya.

Para mahasiswa nantinya akan belajar banyak hal mulai dari Data Mining, Data Modeling for Data Science, Data Presentation & Visualization, Machine Learning, Big Data Analysis dan Applied Statistics.

Baca Juga: Adventure Land Romokalisari Surabaya Ramai Peminat Wisatawan Luar Kota

Konsekuensi dari perkembangan teknologi yang pesat adalah lebih banyak data yang terus dihasilkan  dari berbagai macam jenis industri. Pengalaman internasional pun akan didapatkan baik itu melalui program Dual Degree di Belanda serta program Double Degree di Australia.

"UK Petra menyikapi perubahan-perubahan pesat ini dengan merevisi kurikulum semua prodi dengan Kurikulum 2020, dan membuka program-program baru yg sangat relevan dengan Revolusi Industri 4.0," pungkas Rektor UK Petra, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M. Eng., Byt

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU