UMKM Surabaya Difasilitasi Kredit Bunga Tiga Persen

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 08 Okt 2021 10:31 WIB

UMKM Surabaya Difasilitasi Kredit Bunga Tiga Persen

i

Seorang ibu rumah tangga mengaplikasikan ide bisnis rumahan dengan berjualan kue kering. SP/ANT/DEDHEZ ANGGARA

SURABAYAPAGI,Surabaya - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Surabaya Dr Ikhsan menegaskan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berkomitmen membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kondisi pandemi Covid-19

"Jadi teman-teman UMKM bisa mendapat fasilitas kredit dengan bunga sangat kecil sekali yaitu tiga persen," kata Dr Ikhsan  dalam dialog virtual, Kamis (7/10/2021).

Baca Juga: Atasi Banjir dari Saluran Air di Seluruh Kampung

Program ini adalah kerjasama dengan BUMD milik Pemkot PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Surya Artha Utama. BPR memiliki produk bernama Puspita atau kepanjangan dari Pinjaman UMKM Surabaya Pasti Tangguh. 

"Jadi bunga yang Pemerintah Kota Surabaya tawarkan ini sangat jauh dari dunia perbankan," ucap Ikhsan.

Ia memastikan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian tidak luput dari perhatian pemerintah.

Ikhsan menyebut sejumlah program pembinaan dan pendampingan juga dioptimalkan agar UMKM lokal bisa terus berkembang.

Di sisi perdagangan, Pemkot Surabaya menjamin stabilitas harga bahan pokok penting terjaga stabil."Operasi-operasi pasar secara konsisten dilakukan agar harga bahan pokok bisa terkendali," ucapnya.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony Ajak Warga Budayakan Tidak Buang Sampah di Saluran Air

Untuk menjaga ketahanan pangan di Kota Pahlawan, pemerintah sudah meluncurkan aplikasi E-Peken (Pemberdayaan dan Ketahanan Ekonomi Nang Suroboyo).

Aplikasi ini dapat mempermudah transaksi antar pembeli, pedagang kelontong, koperasi, dan UMKM.

"Kita pun mendorong promosi dan pemasaran produk baik offline maupun online. Dan seluruh ASN kurang lebih 15 ribu di Surabaya harus belanja di E-peken," lanjutnya.

Peningkatan penghasilan setiap rumah tangga di Kota Surabaya menjadi perhatian khusus.Setiap rumah tangga diharapkan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bisa mencapai Rp7 juta per bulan.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Gelar Halal Bihalal

Wali Kota menyatakan akan mengaktifkan fungsi tanah aset Pemkot Surabaya. Aset-aset itu akan digunakan untuk peningkatan kehidupan ekonomi warga.

"Pak Walikota ingin tanah aset itu kita buatkan program untuk usaha. Jadi masyarakat yang terdampak Covid-19 mereka bergabung dengan kelompok tani dan kelompok perikanan," kata Ikhsan.

Masyarakat dengan begitu bisa menanam jagung, sawi, cabai, dan sayur-sayuran lainnya. Sedangkan sektor perikanan bisa melakukan budidaya lele, gurame, ikan mas, dan udang."Hasil panen itu kemudian tinggal masing-masing kelompok berhitung berapa jumlah anggotanya," tutur Ikhsan.sb2/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU