Unesa Sajikan Kemudahan Berkomunikasi dengan Bahasa Isyarat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 22 Sep 2020 17:49 WIB

Unesa Sajikan Kemudahan Berkomunikasi dengan Bahasa Isyarat

i

Peragaan bahasa isyarat dari signalong Indonesia.SP/Byta Indrawati.

SURABAYAPAGI, Surabaya - Unesa terus berupaya untuk menyajikan inovasi berbagai produk unggulan yang diharapkan menjadi solusi dari berbagai persoalan yang sedang berkembang.

Berlokasi di Graha Unesa, salah satu inovasi tersebut merupakanvariasi terbaru Kamus Digital Bahasa Isyarat hasil kerjasama antara Unesa, Direktorat PKLK Dikdas Dirjen Dikdas Kemendikbud dan Open University, dan United Kingdom yang diberi nama Signalong Indonesia.

Baca Juga: KJRI Jeddah Beri Amanah UNESA untuk Kembangkan Model Kurikulum Pendidikan Sekolah Urban

"Signalong Indonesia merupakan model komunikasi isyarat bagi ABK yang memiliki efektifitas tinggi karena telah diadopsi sesuai dengan kondisi dan budaya komunikasi yang berkembang di Indonesia" ungkap Tim Penulis Kamus Digital, Drs. Sujarwanto, M.Pd.

Lebih lanjut, Sujarwanto menjelaskan bahwa  Signalong berbeda dengan konsep Bahasa isyarat yang telah ada sebelumnya, karena menekankan pada efektivitas tersampainya pesan komunikasi sehingga dapat digunakan oleh siapa saja, tak hanya anak dengan keterbatasan pendengaran namun juga yang memiliki keterbatasan intelektual.

"Metode Signalong telah kami aplikasikan di Sekolah Inklusif Galuh Handayani, hasilnya terbukti efektif untuk mempermudah komunikasi dalam kelas yang memiliki siswa yang beragam," ujar pengajar program studi Pendidikan Luar Biasa Unesa, Khofidotur Rofiah, S.Pd.M,Pd.

IMG_20200917_143754IMG_20200917_143754

Baca Juga: UNESA Gandeng Universitas Islam Madinah Perkuat Mutu Pendidikan dan Jaringan Internasional

Khofidotur juga menuturkan bahwa salah satu keunggulan Signalong Indonesia adalah tidak mengunakan awalan dan akhiran dan mirip dengan komunikasi non verbal yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Contohnya dalam membuat Bahasa isyarat anak, tangan kanan membentuk kepala anak. Nah in ikan sering kita praktekkan dalam Bahasa sehari-hari ungkapnya sambil mempraktikan bahasa isyarat Signalong tersebut.

Kamus digital Signalong Indonesia ini telah berisikan berbagai kosakata dasar, diantaranya huruf untuk melafalkan kosakata isyarat serta berbagai bahasa isyarat yang dapat digunakan untuk  melakukan percakapan sehari-hari pada lingkungan rumah, sekolah maupun masyarakat.

Baca Juga: Pendaftar SNBP Unesa Hampir 40 Ribu, Persaingan Prodi Kedokteran Paling Ketat

Pasca peluncuran perdananya, kini kanal edukasi telah dapat diakses melalui website, youtube dan Instagram dengan username Signalong Indonesia. Ke depannya, sejumlah pengembangan akan terus dilakukan sebagai upaya mengampanyekan lingkungan ramah inklusif.  byt

 

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU