Ungguli Atlet Brasil, Masuk 16 Besar di Meksiko

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 12 Agu 2021 13:04 WIB

Ungguli Atlet Brasil, Masuk 16 Besar di Meksiko

i

Surfer Indonesia Rio Waida. SP/ Getty Image

SURABAYAPAGI, Meksiko - Menjelang Corona Open Meksiko 2021, Surfer Indonesia Rio Waida berhasil lolos ke 16 besar setelah gagal lolos di Olimpiade Tokyo 2020. Tak hanya itu, Rio juga berhasil mengemas total 11.33 poin mengungguli peselancar Brasil Filipe Toledo.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Barra De La Cruz di Oaxaca, Meksiko, Rabu waktu setempat atau Kamis dini hari WIB, Rio unggul dari Toledo dalam peraihan total poin.

Baca Juga: 119 Atlet Sampang Siap Berbicara di Kancah Regional Jatim

"Saya gemetaran sekarang, saya tidak tahu apa yang harus saya katakan, karena saya berselancar sebaik yang saya bisa. Saya pikir saya hanya beruntung bisa mengalahkan Filipe," ujar Rio, Kamis (12/8/2021).

"Dia (Toledo) punya skor yang baik tapi dia tidak punya back up skor, saya tidak tahu. Menurut saya, Tuhan menyelamatkan saya," kata Rio menambahkan.

 Dalam pertandingan itu, peselancar berusia 21 tahun itu mendapatkan total 11.31 poin dari dua ombak terbaik yang masing-masing diganjar 5.83 poin dan 5.50 poin.

Sedangkan Toledo hanya mengemas total 10.23 poin yang didapat dari dua ombak kedua dan ketiga 2.23 poin dan 8.00 poin.

Di babak 16 besar, para peselancar yang lolos dibagi menjadi delapan heat. Rio Waida akan tampil di heat kelima pada Kamis (12/8/2021) malam WIB. Ia akan menghadapi peselancar Australia Jack Robinson. Menukil heat to heat WSL, keduanya tercatat belum pernah berjumpa.

Baca Juga: Bupati Ikfina Berangkatkan Kontingen Mojokerto untuk Berlaga di FORDA 1 Jatim

Namun, Robinson difavoritkan menang jika menilik dari rata-rata skor heat yang ia catatkan lebih unggul dari Rio.

Robinson memiliki rata-rata skor 13.83 poin dan 7.50 poin untuk ombak terbaik. Sedangkan Rio hanya 10.52 poin. Bahkan, skor heat Rio juga terpaut jauh. Rio hanya mencetak 11.33 poin dan 5.83 untuk skor ombak terbaik.

Pelatih surfing Indonesia, Tipi Jabrik, mengatakan peluang Rio masih terbuka. Ia berharap atletnya bisa tetap fokus.

Baca Juga: Memperkuat dan Laksanakan Sinergitas TNI-POLRI, Poles Blitar Lakukan Olahraga Bareng dengan TNI

"Untuk peluang 50-50 tinggal fokus saja nanti saat pertandingannya dan pemilihan ombak (yang bagus)," kata Tipi, Kamis (12/8/2021).

Rio mendapatkan wildcard untuk mengikuti Corona Open Mexico 2021, yang merupakan bagian dari World Championship Tour, turnamen yang hanya dapat diikuti oleh Top 34 atlet selancar ombak dunia.

Peselancar berdarah Indonesia-Jepang itu dinilai sebagai salah satu peselancar paling progresif dan berbakat yang berasal dari kawasan Asia-Pasifik, dan dianggap mempunyai peluang yang sangat kuat untuk mengikuti World Championship Tour. Dsy11

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU