Universitas Jember Siapkan Konsepsi Pemikiran Pembangunan Jember

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 04 Mar 2021 20:06 WIB

Universitas Jember Siapkan Konsepsi Pemikiran Pembangunan Jember

i

Dialog publik bertema “Wayahe Jember Bangkit” di Gedung DPRD Jember (4/3). SP/Nyot

SURABAYAPAGI.COM, Jember - Universitas Jember melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) telah menyiapkan Konsepsi Pemikiran Pembangunan Jember tahun 2021-2026. Kajian akademik guna mengakselerasikan pembangunan di Jember ini disampaikan oleh Ketua LP2M, Prof. Achmad Subagio, saat menjadi salah satu pemateri dalam kegiatan dialog publik bertema “Wayahe Jember Bangkit” di Gedung DPRD Jember (4/3). Dialog publik menghadirkan pula Bupati Jember, Hendy Siswanto dan Ketua DPRD Jember, M. Itqon Syauqi sebagai pembicara. Kegiatan yang merupakan kerjasama antara LP2M Universitas Jember dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jember ini bertujuan menjalin sinergi diantara para pemangku kepentingan di Jember. 

Menurut Ketua LP2M Universitas Jember, ada banyak pekerjaan rumah (PR) bagi bupati dalam membangun Jember. Diantaranya PR bidang pembangunan Sumber Daya Manusia yang ditunjukkan dengan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jember yang masih di angka 67,11. Angka tersebut di bawah IPM Situbondo yang ada di 67,38. Di bidang kesehatan, Jember menempati posisi pertama Angka Kematian Ibu, dan Angka Kematian Bayi di Jember di Jawa Timur. Sementara di bidang ekonomi, laju pertumbuhan ekonomi Jember di tahun 2020 berkontraksi minus 2,98 persen gegara pandemi Covid-19. Angka pengangguran sebanyak 3,80 persen dan jumlah penduduk miskin mencapai 9,25 persen. 

Baca Juga: Puluhan Warga di Jember Diduga Keracunan Takjil Massal yang Dibagi-bagikan di Jalan

“Angka IPM rendah menunjukkan ada masalah di sektor harapan hidup, pendidikan dan kesejahteraan warga Jember. Misalnya saja dari data yang dikaji LP2M Universitas Jember, rata-rata Harapan Lama Sekolah warga Jember hanya 6,84 tahun. Artinya rata-rata pendidikan warga Jember adalah lulusan sekolah dasar. Dari data ini perlu dicari penyebabnya, apakah warga Jember yang enggan meneruskan sekolah karena memang tidak ingin sekolah, atau justru tidak bisa sekolah karena tidak memiliki biaya,” jelas Prof. Achmad Subagio.

Oleh karena itu LP2M Universitas Jember telah menyiapkan Konsepsi Pemikiran Pembangunan Jember tahun 2021-2026 sebagai sumbangan pemikiran dalam mendorong akselerasi pembangunan Jember. Diantaranya usulan agar Pemkab Jember menggenjot investasi di industri pengolahan hasil pertanian yang mampu mendorong petani mengolah hasil panennya dan tidak lagi menjual hasil dalam bentuk produk mentah. Juga dengan menjalin kerjasama yang lebih erat lagi dengan kalangan PTN dan PTS di Jember.

“Selain terkait potensi SDM-nya, adanya PTN dan PTS di Jember turut menggerakkan roda  perekonomian Jember sebab banyak mahasiswanya berasal dari luar kota Jember,” kata Prof. Achmad Subagio.  Guru besar di Fakultas Teknologi Pertanian ini juga menambahkan, kegiatan dialog publik ini diharapkan menjadi media bagi warga Jember dalam membahas berbagai permasalahan yang tengah terjadi, sekaligus menyerap masukan dari berbagai pemangku kepentingan yang ada.  

Baca Juga: Takut Tersaingi di Pilbup, Sejumlah Oknum Rusak Gambar Gus Fawait di Jember

Sementara itu Bupati Jember, Hendy Siswanto menyambut baik dialog publik yang digagas LP2M Universitas Jember bersama PWI Jember. Sebab menurutnya Pemkab Jember saat ini tak segan belajar bersama dengan semua pihak agar rencana yang sudah disusun dapat terlaksana. “Pemkab Jember harus menyelesaikan banyak hal, diantaranya dalam waktu dekat ini menetapkan APBD Jember bersama DPRD, pembenahan infrastruktur, penanganan masalah kesehatan dan membenahi birokrasi. Tentu saja kami membutuhkan masukan dan dukungan semua pihak termasuk dunia perguruan tinggi seperti Universitas Jember. Sebab untuk membangun Jember membutuhkan sinergi, kolaborasi dan akselerasi,” ujar Bupati Jember. 

Di kesempatan sebelumnya, Ketua DPRD Jember, M. Itqon Syauqi, berharap kerjasama antara Pemkab Jember di bawah kepemimpinan pasangan Hendy Siswanto dan Gus Firjaun dengan DPRD Jember dapat terjalin lebih baik lagi. Pasalnya roda pemerintahan di Jember tak lepas dari peran aktif Pemkab dan DPRD Jember. Politisi dari partai Kebangkitan Bangsa ini juga meminta agar Bupati Jember memberikan kesempatan kepada para kepala dinas dan pejabat lainnya untuk berkreasi, berinovasi dan berimprovisasi dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan aturan yang ada. 

Baca Juga: Pedagang Domba dan Sapi seluruh Jember dukung Gus Fawait Maju Calon Bupati

“Oleh karena itu bupati dan wakil bupati harus memilih pejabat yang memiliki visi dan misi yang sama dengannya. Agar semua program yang sudah disusun dapat berjalan dengan baik. Jangan lagi ada cerita kepala dinas yang tidak mau hadir saat diundang oleh DPRD. Sebab keberhasilan pemimpin tergantung dari sejauh mana pemimpin tersebut bisa mengoptimalkan fungsi dan anggaran yang ada untuk kesejahteraan rakyatnya,” ungkap M. Itqon Syauqi. 

Seusai pemaparan materi, dialog publik dilanjutkan dengan diskusi. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakapolres Jember, Sekretaris Daerah Jember, para anggota DPRD dan undangan lainnya secara terbatas. Jalannya acara juga disiarkan langsung melalui televisi dan radio lokal serta media sosial secara daring sehingga pejabat di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Jember dan warga umum dapat mengikuti acara dari lokasinya masing-masing. Nyot

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU