Upacara Ceng Beng di Grand Heaven, Beri Penghormatan Leluhur Budha

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 22 Mar 2023 20:24 WIB

Upacara Ceng Beng di Grand Heaven, Beri Penghormatan Leluhur Budha

i

Beberapa warga Surabaya, Sidoarjo, dan sekitarnya, saat mengikuti upacara Ceng Beng di rumah duka Grand Heaven Surabaya, Rabu (22/3/2023). Upacara ini dipimpin oleh Shi Lian Pu Shangsi.

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Rumah duka Grand Heaven Surabaya, Rabu (22/3/2023) kemarin, menggelar upacara Ceng Beng 2023 dalam rangka memberikan penghormatan kepada para leluhur umat Budha.

Upacara Ceng Beng ini merupakan pertama kalinya diadakan di rumah duka. Sedangkan, Grand Heaven ingin memfasilitasi umat Budha yang hendak memberikan penghormatan dan penghargaan kepada leluhurnya yang abu jenasahnya disemayamkan di rumah duka terbesar dan termegah di Jawa Timur ini.

Baca Juga: Beri Penghormatan Pada Leluhur, Seratus Umat Budha Ikuti Ritual Cheng Beng di Grand Heaven

Suwito Mulyadi, pemilik Grand Heaven menjelaskan, upacara Ceng Beng yang digelar dua hari, sejak Rabu (23/3/2023) hingga Kamis (24/3/2023) hari ini, merupakan adat istiadat untuk membersihkan makam orang tua. Pada hari pertama umat Budha membacakan doa untuk penyeberangan roh para leluhur mereka.

"Baru pertama kali karena Grand Heaven baru diresmikan belum lama, jadi kita mengadakan ini," kata Suwito Mulyadi kepada Surabaya Pagi, Rabu (23/3/2023).

Guna menunjang upacara umat Budha yang digelar pada masa Equinox yakni sepuluh hari sebelum tanggal 4 sampai 5 April, rumah duka yang berada di kawasan Jalan Sepanjang Sidoarjo menyulap salah satu ruangannya untuk dijadikan tempat upacara Ceng Beng. Bahkan Suwito Mulyadi sengaja mendatangkan Bhante untuk memimpin doa di acara tersebut.

Baca Juga: Sambut Idul Fitri 1445 H, Grand Heaven Santuni Ratusan Warga Pra Sejahtera

Dengan mendatangkan pemuka agama ini, lanjut Pak Awi--sapaan Suwito Mulyadi, diharapkan dapat membantu masyarakat Sidoarjo, Surabaya, Gresik dan sekitarnya melakukan upacara keagamaan. "Kita memfasilitasi, kalau dia Katolik ya sudah kita siapin nanti untuk Katoliknya, dia punya Romo datang ya silahkan," terangnya.

Umat Budha menyiapkan seserahan yang akan dibakar di puncak perayaan Ceng Beng sebagai bentuk penghargaan kepada arwah lelulur maupun kerabat yang abu jenasahnya disemayamkan di Grand Heaven

Ada sekitar 300 Jemaat umat Budha yang mengikuti upacara Ceng Beng yang doanya dipimpin oleh Shi Lian Pu Shangsi. Kebetulan, acara ini juga bertepatan dengan Nyepi dan bulan Ramadhan. Sehingga diharapkan dapat menunjukkan suatu keharmonisan antara umat beragama.

Baca Juga: Sambut Imlek, Rumah Duka Grand Heaven Gelar Baksos

"Satu keharmonisan bagi kehidupan di negara NKRI kita, dan keharmonisan hubungan antar umat manusia atau antar umat beragama sehingga bisa memberikan satu suasana kondusif dan damai untuk kehidupan kita dan semuanya, bangsa dan Negara," terang Shi Lian Pu Shangsi.

Upacara Ceng Beng ini digelar pada 22 sampai 23 Maret 2023 dengan beragam kegiatan, yang puncaknya digelar Kamis (23/3/2023) dengan membakar seserahan di lantai 11 Grand Heaven dan membaca doa sutra Amitabha sebagai bentuk penghormatan kepada arwah leluhur maupun kerabat yang abunya disemayamkan di rumah duka ini. byb/hik

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU