Update Corona di Jatim, Kasus Positif Covid-19 Tembus 7.096

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 12 Jun 2020 15:13 WIB

Update Corona di Jatim, Kasus Positif Covid-19 Tembus 7.096

i

Ketua Gugus Kuratif Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Timur yang juga Dirut RSUD dr Soetomo, Joni Wahyuhadi, Kamis (7/5/2020). SP/ TRB

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur, Joni Wahyuhadi kembali mengupdate perkembangan kasus virus corona atau Covid-19 di Jawa Timur.

Data pertambahan Covid-19 di Jawa Timur per Kamis (11/6/2020) malam ini, terdapat penambahan kasus baru positif Covid-19 sebanyak 265 orang.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Gelar Halal Bihalal

Sehingga total kasus Covid-19 Jawa Timur tercatat sudah mencapai 7.097 kasus.

Dengan jumlah orang yang tengah dirawat hari ini ada sebanyak 4.551 orang atau sebanyak 63,57 persen.

“Yang paling banyak pertambahannya masih Kota Surabaya. Per hari ini yang tambah dari Surabaya adalah 117 orang. Terbanyak kedua ada di Kabupaten Sidoarjo sebanyak 39 orang dan yang terbanyak ketiga ada di Kabupaten Gresik dengan tambahan kasus terkonfirmasi baru sebanyak 19 orang,” kata Joni Wahyuhadi.

Tambahan ini terprediksi dari reproduksi efektif (Rt) penambahan kasus di Surabaya Raya yang masih tinggi.

Sedangkan untuk tambahan kasus positif Covid-19 yang meninggal dunia ada sebanyak 22 orang. Terbanyak juga dari Kota Surabaya, sebanyak 9 orang.

Jumlah total kasus positif Covid-19 Jawa Timur yang meninggal dunia ada sebanyak 575 orang. Atau setara tingkat kematian pasien Covid-19 di Jawa Timur ada sebanyak 8,10 persen.

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Ajak Kembali Semangat Bekerja dan Maksimalkan Pelayanan untuk Masyarakat

Sedangkan untuk kasus positif Covid-19 yang sembuh ada sebanyak 72 orang. Dengan terbanyak tambahan sembuh dari Kota Surabaya, sebanyak 38 orang.

Total kasus positif Covid-19 yang sembuh di Jawa Timur ada sebanyak 1.865 orang atau recovery ratenya di Jawa Timur ada sebanyak 26,28 persen.

Sedangkan kasus PDP di Jawa Timur saat ini mencapai 7.857 orang dan yang masih dalam perawatan ada sebanyak 3.848 orang.

Dan untuk ODP per hari ini ada sebanyak 26.120 orang, dengan yang masih dipantau ada sebanyak 4.012 orang. Serta untuk kasus OTG ada sebanyak 22.342 orang.

Baca Juga: Dispendik Surabaya Pastikan Pramuka Tetap Berjalan

“Inilah masalah yang masih kita hadapi, kasus baru hari ke hari terus di atas 100 orang. Kami akan sampaikan, sekarang ini PSBB di Surabaya Raya dan Malang Raya sudah berakhir dan masuk masa transisi, tapi ternyata masih banyak yang ternyata masih banyak yang belum patuh dengan protokol kesehatan,” papar Joni Wahyuhadi.

Joni Wahyuhadi menyebutkan, kepatuhan menjalankan protokol kesehatan belum seratus persen. Sehingga dibutuhkan adanya komitmen juga dari masyarakat dan seluruh lini agar penyebaran Covid-19 bisa ditekan dan dihentikan.

Terlebih pagi tadi sudah ada komitmen bersama yang sudah ditandatangani oleh kepala daerah di Surabaya Raya dan Gubernur Jatim.

"Kalaupun sudah sembuh, belum tentu orang tersebut tidak tertular lagi. Bahkan ada terbukti bahwa orang yang sembuh itu bisa tertular lagi. Maka jangan remehkan untuk tidak pakai masker selama obat virus Corona belum ditemukan," tegas Joni Wahyuhadi.  dsy5

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU