UPN Veteran Jatim Gencar Cari Mahasiswa Baru Secara Virtual

Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Jawa Timur (UPNVJT) tetap gencarkan sosialisasi dan promosi Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) pada tahun pandemi. SP/ Mbi

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Tak surut, Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Jawa Timur (UPNVJT) tetap gencarkan sosialisasi dan promosi Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) pada tahun pandemi ini. Tak hanya calon Mahasiswa baru, namun Orang Tua dan Guru se-Indonesia juga diikutsertakan dalam expo campus yang digelar secara virtual itu, Jumat (05/03/2021).

Expo campus yang diadakan pertama kali secara virtual ini berlangsung pada tanggal 19 Februari hingga 5 Maret 2021 dengan tajuk 'UPNVJT Virtual Edu Fair'. Kegiatan ini merupakan bagian dari strategi Kampus Bela Negara itu untuk menggaet Calon Mahasiswa yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi.

Dalam UPNVJT Virtual Edu Fair, terdapat 7 Fakultas yang berkontribusi dalam expo fakultas untuk mensukseskan acara tersebut. Yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Arsitektur dan Desain, dan yang terakhir adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Expo fakultas berisi informasi tentang profil fakultas, profil program studi, profil dosen, kurikulum, fasilitas, kegiatan mahasiswa, prestasi mahasiswa, kehidupan kampus, biaya kuliah, dan lain sebagainya. Selain expo fakultas, hadir juga alumni UPNVJT yang turut berbagi pengalaman sukses dan expo Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), diantaranya UKM E-Sport dan Resimen Mahasiswa (Menwa). Selain itu, UPNVJT juga berbagi tips dan trik tembus masuk UPNVJT.

Acara yang disiarkan melalui aplikasi video conference ZOOM dan live streaming pada channel Youtube UPN Veteran Jawa Timur Official itu berjalan dengan interaktif. Peserta juga dapat bertanya secara langsung pada Narasumber melalui fitur chat yang ada di ZOOM.

Maksud dari acara ini adalah untuk mengenalkan profil UPNVJT kepada masyarakat luas sebagai Perguruan Tinggi Negeri, khususnya pada calon Mahasiswa baru agar lebih yakin dalam memilih fakultas dan program studi yang ada di UPN. Seperti yang diungkapkan oleh Koordinator Sosialisasi dan Promosi PPMB UPNVJT, yakni Mahimma Romadhona, S.T, M.Ds., bahwa, "Tujuan acara ini adalah untuk meningkatkan animo calon Mahasiswa agar memilih UPNVJT saat mendaftar kuliah, baik di jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun MANDIRI," paparnya.

Peserta, Panitia dan segenap Pimpinan Kampus Bela Negara, mulai dari Rektor hingga Dekan sangat antusias dalam gelaran acara ini. Hal tersebut dibuktikan dengan persiapan matang yang dilakukan oleh masing-masing pihak fakultas.

"Panitia telah menyiapkan video profil masing masing fakultas. Antusias peserta juga sangat tinggi, terbukti dari jumlah peserta yang mengikuti acara ini baik melalui ZOOM maupun melihat siaran ulangnya di youtube UPN Veteran Jawa Timur," ujar Mahimma Romadhona yang juga selaku Akademisi dari DKV UPNVJT.

Pasalnya, sejak diunggah, UPNVJT Virtual Edu Fair sesi 1 telah dilihat 1.600 viewers dan sesi 2 telah dilihat 815 viewers. Selain itu, hal tersebut juga dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan dari peserta saat live ZOOM. Sehingga, panitia pun juga sangat antusias menyelenggarakan acara ini hingga sesi 3.

Setelah acara dilangsungkan, Mahimma Romadhona berharap, "Harapan kami agar para peserta dan siswa siswi SMA se-derajat memilih UPNVJT saat mendaftar kuliah, baik di jalur SNMPTN, SBMPTN dan MANDIRI," pungkas Dosen yang akrab disapa Dhona itu. mbi