Urusan Sapi Korban, Artis tak Mau Kalah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 10 Jul 2022 20:45 WIB

Urusan Sapi Korban, Artis tak Mau Kalah

Beli Sapi Lebih Berat dan Mahal Ketimbang Sapi Korban dari Presiden, Gubernur, dan Politisi

 

Baca Juga: Polda Jatim SP3 Kasus Penipuan Investasi, Ibu di Surabaya Kecewa Tak Dapat Keadilan

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Ini apakah benar ada jor-joran beli sapi korban di Indonesia. Ternyata artis sekelas Irvan Hakim, Raffi Achmad dan Atta Halilintar, beli sapi korban antara 1,2 ton-1,3 ton. Sementara sumbangan sapi presiden rata-rata masih 1 ton-an. Termasuk korban sapi gubernur Khofifah, Anies, Ganjar dan wagub Jatim Emil Dardak. Bahkan aggota Komisi III DPR dari Nasdem,Ahmad Sahroni, hanya beli rata-rata berat sapi pasaran.

Tapi Sahroni menyalurkan hewan kurban sebanyak 22 ekor sapi ke berbagai daerah di Jakarta. Penyaluran hewan kurban ini untuk para relawan dan tim yang tersebar di berbagai wilayah di Jakarta.

“Idul Adha tahun ini alhamdulillah sangat spesial. Selain karena saya sendiri tengah menjalankan ibadah haji, juga karena kurban kali ini kita persembahkan untuk para relawan dan tim ASC di berbagai wilayah di Jakarta. Jadi mereka melakukan ibadah kurban dengan difasilitasi oleh Ahmad Sahroni Center,” ujar politikus Partai Nasdem ini, Minggu (10/7/2022).

Sementara sapi korban Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sekitar 1,2 ton. Penyerahan sapi kurban Anies ini dilakukan secara simbolis usai salat Iduladha di Jakarta International Stadium ( JIS). Pantauan di lokasi, sapi dari Anies limosin berwarna coklat yang diberikan Anies tersebut diberi nomor 024. Ada yang mengkaitkan dengan tahun pilpres 2024.

 

Sapi dari Polda Jatim

Waka Polda Jawa Timur Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, didampingi pejabat utama (pju) polda jatim, Minggu (10/7/2022) pagi, mengikuti Sholat Ied di Halaman Masjid Arif Nurul Huda Mapolda Jatim. Usai mengikuti sholat ied wakapolda jatim Menyerahkan dan Penyembelihan Hewan Kurban Idul Adha 10 Dzulhijah 1443 H/2022 M Polda Jatim.

Jumlah hewan kurban yang diterima Polda Jatim antara lain hewan Sapi sebanyak 45 Ekor dan hewan Kambing sebanyak 29 Ekor,” kata Waka Polda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo.

 

Sapi dari Wali kota Eri

Berbeda sapi sumbangan dari Walikota Eri Cahyadi. Kata Direktur Utama RPH Surya Surabaya, Fajar A Isnugroho memperlihatkan sapi kurban milik Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, Sabtu (9/7/2022). Tahun ini, Eri Cahyadi berkurban empat ekor sapi.

 

Sapi Sumbangan Irfan Hakim

Sapi kurban milik Irfan Hakim, memegang rekor sebagai sapi terbesar di Indonesia. Dalam video yang diunggah di kanal YouTube Irfan Hakim, sapi tersebut memiliki bobot 1,3 ton. Sapi tersebut dinamai Wisanggeni.

"Ini Wisanggeni, juara dua kategori A ekstrim kontes sapi APPSI (Asosiasi Peternak Penggemukan Sapi Indonesia) 2022," kata Joko, yang menjual sapi Wisanggeni pada Irfan Hakim, dikutip Sabtu (9/7/2022).

"Juara pertamanya sudah di Jakarta, tapi sudah dipanggil Allah. Kalau Mas Irfan jodohnya Wisanggeni. Ini kurban sapi terbesar di Indonesia," katanya menambahkan.

Irfan pun membagikan potret Sapi Wisanggeni di akun Instagramnya. Sapi tersebut tampak sangat besar, dengan tinggi hampir menyamai Irfan Hakim.

Youtuber Atta Halilintar berkurban sapi jenis Megalodon dengan bobot 1,2 ton yang ditaksir seharga Rp100 juta per ekor.

Sementara Fuji membeli dua sapi yang ia khususkan untuk mendiang Bibi dan Vanessa Angel, serta dirinya dan Gala.

Ayu Ting Ting menjadikan halaman rumahnya sebagai lokasi penyembelihan hewan kurban dan menyembelih 3 ekor sapi jumbo.

Sedang Sultan Andara Raffi Ahmad menyebut sapi kurbannya dengan Sapi Ahmad, yang ditaksir berjenis Limousin dengan bobot lebih dari 1,2 ton.

Baca Juga: 17.988 Personel Gabungan Diterjunkan Antisipasi Arus Mudik Lebaran

Gubernur Ganjar Pranowo, beserta keluarga menyerahkan hewan kurban secara simbolis kepada panitia penyembelihan hewan kurban Masjid Raya Baiturrahman Semarang.

Hewan kurban berupa seekor sapi diserahkan kepada Ketua Umum Yayasan Pusat Kajian dan Pengembangan Islam (YPKPI) Masjid Raya Baiturrahman Ahmad Daroji.

Hewan kurban dari Ganjar Pranowo dan masyarakat yang dititipkan kepada panitia kurban Masjid Raya Baiturrahman akan disembelih di area Masjid Islamic Center, Manyaran, Kota Semarang, pada hari Senin (11/7/2022).

 

Sapi sumbangan Presiden

Sementara sapi kurban milik Presiden Jokowi berjenis simmental dengan berat badan 1,2 ton, berusia 2,5 tahun, tinggi pundak 151 centimeter, panjang badan 187 centimeter, lingkar dada 256 centimeter. Sapi-sapi ini dibeli dari peternak Dandy Narindra asal Desa Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Kemudian, sapi kurban Gubernur Khofifah berjenis simmental warna merah yang usianya lima tahun dengan berat 1,05 ton, tinggi gumba 160 centimeter, panjang badan 195 centimeter dengan lingkar dada 231 centimeter.

Sedangkan, sapi kurban dari Emil Dardak juga berjenis sama, yaitu simmental dengan warna merah, berusia 2,5 tahun, berat badan 950 kilogram, tinggi gumba 147 centimeter, panjang badan 180 centimeter, dan lingkar dada 217 centimeter.

Sapi kurban milik Khofifah dan Emil dibeli dari peternak yang sama, yaitu H Budiono asal Desa Kanten, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro.

Transgender Lucinta Luna turut berkurban di hari raya Idul Adha, tapi berat sapi masih rata-rata yang dijual di pasaran.

 

Menteri BUMN Dorong Bank

Baca Juga: 31 Juta Orang Diprediksi Mudik ke Jatim

Lain lagi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menyalurkan 100 ekor Sapi untuk kurban di wilayah Jawa Barat dan Banten dari perhimpunan bank.

Selain di Jabar dan Banten, kolaborasi Himbara juga dilakukan di Jawa Timur dengan penyaluran 200 ekor sapi kurban.

Menteri Erick menilai perusahaan BUMN tak hanya bertugas menjaga pertumbuhan dan keseimbangan ekonomi bangsa, melainkan juga berperan penting dalam aspek sosial, termasuk saat hari raya Iduladha saat ini.

"BUMN harus hadir di tengah-tengah masyakarat. Hal ini yang ditunjukan bank-bank himbara, seperti Mandiri, BNI, BRI, dan BTN yang bersama-sama menyalurkan sapi kurban untuk masyarakat di Jawa Barat (Jabar) dan Banten," ujar Erick pada Minggu (10/7).

Meski secara jumlah mungkin tidak banyak, Menteri Erick berharap penyaluran daging kurban dapat memberikan kebahagiaan bagi masyarakat. Bagi Menteri Erick, penyaluran daging kurban lewat program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) tak sekadar menunaikan kewajiban, melainkan bentuk komitmen BUMN dalam membangun ekonomi kerakyatan dan keumatan.

Majelis Ulama Indonesia atau MUI Jawa Tengah menyatakan, hewan kurban yang terpapar penyakit mulut dan kuku atau PMK dengan gejala berat, maka hukumnya tidak sah untuk menjadi hewan kurban.

 

Sumbangan dari Gereja

Gereja Katedral Jakarta turut menyumbangkan sapi kurban ke Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Dilaporkan bahwa sapi kurban itu diserahkan oleh Kepala Paroki Gereja Katedral Jakarta Romo A Hani Rudi Hartoko mewakili Kardinal Ignatius Suharyo. Beliau Wakil Ketua Dewan Paroki Harian Gereja Katedral A Julianti Chandra, dan Sekretaris DPH Gereja Katedral Susyana Suwadie.

"Jelang Hari Raya Idul Adha, pada hari Sabtu, (9 Juli) dilakukan penyerahan sapi kurban untuk Masjid Istiqlal sebagai bela rasa dan kepedulian terhadap sesama dan saudara," kata Susyana Suwadie dalam keterangan pers. n erc/jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU