Usai Dilantik, Ini Tugas yang Menanti PPS Menyiapkan Panitia Pantarlih

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 24 Jan 2023 16:04 WIB

Usai Dilantik, Ini Tugas yang Menanti PPS Menyiapkan Panitia Pantarlih

i

Bupati Lamongan saat memberikan ucapan selamat kepada petugas PPS usai pelantikan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Usai resmi dilantik dan diambil sumpahnya sebagai petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat Desa, sejumlah tugas sudah menanti, salah satunya adalah menyiapkan pembentukan panitia pendaftaran  pemilihan (Pantarlih) untuk persiapan pemilihan umum pada tahun 2024.

"Selamat atas dilantiknya 1.422 PPS dari 474 Desa dan kelurahan yang tersebar di 27 Kecamatan. Teman-teman PPS pasca dilantik ini kita akan running untuk pembentukan Pantarlih, yang akan mendata para pemilih," kata Ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali, usai pelantikan PPS, di Lamongan Sport Centre, Selasa (24/1/2023).

Baca Juga: Dalami Korupsi Pembangunan Gedung Pemkab, KPK Periksa Eks Ketua DPRD Lamongan

 

Disebutkannya, jumlah Pantarlih yang akan direkrut adalah sejumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara), KPU Lamongan sendiri akan memproyeksikan petugas pantarlih sebanyak  4.220 orang. "Kita proyeksikan rekrut sebanyak 4.220 petugas, sesuai dengan jumlah TPS," ungkapnya.

Sebelum mulai menjalankan tugasnya, para petugas PPS mendapat pesan penting dari komisioner KPU Lamongan, seperti yang disampaikan Khoirul Anam, Divisi Sosdiklih Parmas.

Anam, menyampaikan, agar PPS bisa menjaga marwah penyelenggara Pemilu, bertanggung jawab penuh atas amanat yang diberikan, serta harus menjaga etika di media sosial.

"Kalau PPS tidak bisa menjaga marwah sebagai penyelenggara, maka kami tidak segan memerintahkan PPK untuk memecat yang bersangkutan, " tegas Anam. 

Baca Juga: Berkah Ramadhan, 1000 Anak Yatim dan Disabilitas Lamongan Terima Santunan

Etika di media sosial harus dijaga, harus bisa menahan diri. Penyelenggara tidak boleh baper-an, kita ini KPU. Integritas 24 jam, profesionalitas adalah tagline nya.

Sementara itu, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi menekankan agar petugas PPS dapat bekerja dengan cerdas dan menunjukkan profesionalitas.

"Jadi harus amanah. Kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mengawal pesta demokrasi serentak 2024 yang akan datang, " ungkapnya.

Baca Juga: Duhhh..Rp 11, 5 Miliar Bantuan Keuangan Pemdes Tahun 2023 di Lamongan Tak Kunjung Dicairkan

Orang nomor satu di Kabupaten Lamongan itu juga berpesan kepada penyelenggara Pemilu agar mempersiapkan diri semaksimal mungkin, agar dapat mewujudkan pesta demokrasi yang berkualitas, khususnya di Kabupaten Lamongan. 

"Untuk itu sisa waktu ini agar dimanfaatkan sebaik-baiknya, baik oleh KPU, PPK, maupun PPS itu sendiri, dalam rangka untuk meningkatkan kapasitas," ungkapnya. 

Lamongan ini paling banyak desanya di Jawa Timur, sehingga kesiapan para petugas harus lebih matang lagi. "Saya yakin yang dilantik ini sudah memenuhi kapasitas yang diinginkan, karena melalui proses yang panjang juga," katanya. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU