Usai Gelar Pasukan, Polres Blitar Lakukan Donor Darah

Anggota saat melakukan donor darah di gedung Hoegeng Iman Santoso. SP/Hadi Lestariono

 SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Dalam rangka menciptakan kondisi Kamseltibcarlantas menjelang bulan Ramadhan 1442 H, Kapolres Blitar AKBP Leonard M Sinambela S.H S.IK MH Senin (12/4) pagi  memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2021 bersama instansi terkait di halaman Mapolres Polres Blitar.

Selain Kapolres Blitar, turut hadir juga Wakapolres Blitar Kompol Wiji Rahayu S.H., PJU polres dan para  kapolsek jajaran serta  pasukan yang terdiri dari CPM perwakilan  Kodim 0808 Blitar termasuk Personil Polres Blitar dan Kadishub Kab Blitar Toha Mashuri Kasatpol PP Kab Blitar Rustin Tri Setyo Budi termasuk Dinas Kesehatan Kab Blitar juga Toga dan Tomas.

Operasi Kepolisian dengan sandi Keselamatan Semeru 2021 ini akan dilaksanakan selama 14 hari yang dimulai dari tanggal 12 April 2021 sampai dengan 25 April 2021 secara serentak di seluruh Indonesia dengan tema Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi  Keselamatan Semeru 2021, guna Mewujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap termasuk Pencegahan Penyebaran Covid-19 untuk meningkatkan Disiplin Protokol Kesehatan bagi masyarakat, serta tidak melaksanakan Mudik Lebaran Tahun 2021.

Lebih jauh AKBP Leonard memaparkan bahwa Operasi Keselamatan Semeru 2021 digelar dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait larangan mudik pada lebaran tahun 2021 dan meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan terkait covid-19. Selain itu, operasi ini bertujuan pula untuk meningkatkan tertib berlalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas apa lagi dalam Bulan Puasa sampai jelang lebaran.

“Kita lakukan berupa aksi simpatik seperti membagikan masker dan hal-hal yang berkaitan dengan protokol kesehatan covid-19, selain itu kita wujudkan bantuan kemanusiaan berupa donor darah, apa lagi dalam bulan puasa ini, darah merupakan kebutuhan pokok untuk menunjang kesehatan dan keselamatan warga masyarakat, termasuk  memberi rasa aman, nyaman dan tenang bagi masyarakat dalam menjalankan ibadah Puasa,” papar AKBP Leonard pada wartawan.

Disisi lain Kepala PMI Kabupaten Blitar dr Cristine Indrawati menyampaikan rasa terima kasihnya atas Donor Darah sekaligus untuk cadangan darah bagi masyarakat yang membutuhkan, "Ini merupakan sumbangan kemanusiaan tidak berupa materi tapi berupa keselamatan yang utama, karena darah dibutuhkan sewaktu waktu oleh warga masyarakat,” tutur dr.Cristine.

Polres Blitar melakukan donor darah bekerjasama dengan PMI Kab Blitar yang dihadiri langsung Kepala PMI Kab Blitar dr.Cristine Indrawati, di gedung Hoegeng Iman Santoso,  diikuti sekitar 115 pendonor yang terdiri dari 100 anggota Polres Blitar 20 Anggota Kodim 0808 Blitar, 20 personil dari anggota Yonif 511 Blitar dan 15 dari ASN Pemkab Blitar. 

"Kami juga meminta kepada personil dan rekan rekan pendonor untuk diperiksa kesehatannya juga menerapkan prokes terlebih dahulu,” kata AKBP Leonard sebelum lakukan Donor mengawali kegiatan Donor darah. Les