Usia Haji Tahun ini Dibatasi 65 Tahun

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 10 Apr 2022 19:56 WIB

Usia Haji Tahun ini Dibatasi 65 Tahun

i

Yaqut Cholil Qoumas

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi dalam surat pengumumannya menyebutkan haji tahun ini akan dilakukan dengan ketentuan, pertama Haji terbuka untuk jamaah berusia di bawah 65 tahun. Calon jamaah juga telah menerima vaksinasi Covid-19 yang disetujui Kementerian Kesehatan Saudi.

Semua jamaah yang berasal dari luar Kerajaan Saudi, wajib menyerahkan hasil tes PCR negatif Covid-19 yang dilakukan dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan ke Arab Saudi.

Baca Juga: Jemaah Lansia Berhaji Tahun 2024, Turun

Menag Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan bahwa Kerajaan Arab Saudi resmi mengumumkan penyelenggaraan haji tahun 2022 dengan kuota 1 juta jamaah. Angka ini naik dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 60 ribu jamaah.

Indonesia menjadi negara terbanyak yang mendapatkan kuota haji dari pemerintah Arab Saudi dibanding negara-negara lain di luar Arab. Berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 29 Tahun 2019 tentang Penetapan Kuota haji Tahun 1440H/2019M, jamaah Indonesia tercatat sebanyak 202.487 orang (jemaah reguler) dan 15.663 orang (jemaah haji khusus). Sehingga total jemaah sebanyak 218.150 orang jemaah.

Menag mengatakan petugas haji Indonesia yang diikutsertakan untuk melayani para jamaah haji di Tanah Suci, baik reguler maupun khusus sebanyak 2.850 orang. Petugas ini meliputi petugas pelayanan umum, bimbingan ibadah, dan kesehatan.

 

Siap Berangkatkan Haji

Baca Juga: Presiden Akui Uang Haji untuk Pembangunan Infrastruktur

"Syukur alhamdulillah, jemaah haji Indonesia bisa berangkat tahun ini. Ini kabar yang sangat ditunggu jemaah haji di Tanah Air," ucap Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Sabtu (9/4/2022).

Walaupun belum menerima jumlah pasti kuota haji untuk tahun ini, Menag menegaskan bahwa Indonesia siap menyelenggarakan haji, berapa pun kuota yang diberikan.

"Kita akan optimalkan berapapun kuota nanti yang diberikan untuk Indonesia. Bahkan, kalau bisa kita akan upayakan agar Indonesia bisa mendapat tambahan, misalnya dari kuota negara lain yang tidak terserap," tegasnya.

Baca Juga: Menhub Tawarkan Peluang Investasi Bandara Haji dan Umrah ke Arab Saudi

"Kita siap dan akan lakukan persiapan sebaik mungkin untuk memastikan jemaah terlayani dengan baik," lanjutnya. n jk, er

 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU