Vaksin Berhadiah Telur Ayam

Salah saeorang warga saat mendapat vaksin covid-19.

SURABAYAPAGI.COM, Probolinggo - Vaksinasi covid-19 di sejumlah terus dikebut. Sejumlah cara digunakan untuk menarik minat warga agar bersedia untuk divaksin. Salah satunya memberikan hadiah setelah warga mendapatkan vaksin seperti yang dilakukan di Probolinggo.

Vaksinator di Sumberasih, Kabupaten Probolinggo memberikan hadiah telur ayam bagi masyarakat yang mau divaksin.

Tak hanya itu, Tim vaksinator juga meng-edukasi bahwa vaksin yang kini digencarkan pemerintah, tidak berbahaya. Sebaliknya, dapat membentengi masyarakat dari potensi risiko tertular covid19.

Kader vaksinator, Elok menyebut, sebelumnya, angka partisipasi vaksin di Kecamatan Sumberasih termasuk kurang. “Hadiah telur ini sebagai hiasan saja. Yang terpenting adalah mau divaksin. Tapi dengan cara ini, angka partisipasi masyarakat untuk vaksin, meningkat,” jelasnya, Jumat (22/10/2021).

Bagi warga yang mau divaksin, tim vaksinator kecamatan memberikan 10 butir telur. Baik untuk vaksin tahap pertama maupun tahap kedua.

Elok juga menjelaskan, minimnya angka partisipasi vaksin karena banyaknya disinformasi soal vaksin. Terutama di media sosial. “Sehingga warga banyak yang takut setelah buka medsos,” imbuhnya.

Karena itulah, sembari menyuntik vaksin, Elok bersama vaksinator lain tak hentinya berikan edukasi. Mulai dari efek setelah vaksin, gejala, serta penanganan dini.

Jika memang ada gejala yang parah, maka pihaknya menyarankan agar segera dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat. Seperti puskesmas atau rumah sakit.

Misnari, salah satu warga yang menerima vaksin tahap kedua, mengaku sangat senang dengan hadiah telur itu. “Ya rejeki, karena tidak menyangka akan diberi hadiah telur. Padahal tahap pertama dulu tidak diberi telur,” ujarnya.