Vaksin Dosis Keempat Diprioritaskan untuk 4 Juta Nakes

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 29 Jul 2022 16:24 WIB

Vaksin Dosis Keempat Diprioritaskan untuk 4 Juta Nakes

i

Ilustrasi Vaksin

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta – Vaksinasi dosis keempat akan diterima oleh sebanyak 4 juta tenaga kesehatan (nakes) di seluruh Indonesia. Pertimbangan pemerintah memberikan vaksinasi dosis keempat pada nakes, lantaran nakes sudah mulai mendapat vaksinasi dosis ketiga sejak akhir Juli 2021 lalu. Sementara hasil penelitian mengungkapkan imunitas yang didapatkan dari seseorang bisa menurun 6-8 bulan pasca pemberian vaksin Covid-19.

“Vaksin keempat sekarang sudah kita bagi, kita utamakan nakes dulu. Karena sekarang sudah enam bulan, data menujukkan imunitas menjadi menurun,”kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin saat berkunjung ke Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (27/07/2022).

Baca Juga: Antisipasi Petugas KPPS Sakit, Dinkes Surabaya Siagakan Nakes dan Hotline 24 Jam

Ahli kesehatan masyarakat Hermawan Saputra sebelumnya menganjurkan kepada pemerintah agar memberikan dosis vaksin keempat bagi para tenaga kesehatan.

Pasalnya, para nakes itu yang berhadapan langsung menghadapi pandemi Covid-19. "Seharusnya saat-saat seperti ini orang membutuhkan booster vaksin kedua atau dosis keempat. Di mana tenaga-tenaga kesehatan yang periode awal memang seharusnya sudah masuk ke dosis keempat sekarang," kata Hermawan, Minggu (17/07/2022).

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin pun menegaskan para pejuang kemanusiaan (nakes) ini adalah pahlawan kusuma bangsa. Tercatat ribuan tenaga kesehatan dan 750 dokter kehilangan nyawa akibat terpapar Covid-19 sejak Maret 2020.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu menuturkan program vaksinasi booster kedua nakes ini sudah memperoleh izin dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) sehingga dipastikan keamanannya.

"Persetujuan ITAGI sudah ada, itu untuk kelompok risiko tinggi," ujar Maxi.

Baca Juga: Pj Wali Kota Malang Minta Nakes Siaga saat Pemilu

Vaksin yang dapat digunakan untuk dosis booster kedua ini adalah vaksin Covid-19 yang sudah mendapat Persetujuan Penggunaan Dalam Kondisi Darurat Atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan memperhatikan ketersediaan vaksin yang ada.

 Menurut Budi, stok vaksin Covid-19 saat ini masih berlimpah. Indonesia dipastikan tidak kekurangan vaksin untuk pemberian dosis keempat.

 “Vaksin untuk nakes banyak, vaksin kita kan berlebih. Nakes ada 4 juta, vaksin kita sudah cukup kok,” ujarnya.

Baca Juga: Tren Covid-19 Naik, Tapi tak Timbulkan Kematian

Sebelumnya dalam berbagai kesempatan, Kemenkes mengatakan bahwa vaksinasi Covid-19 dosis keempat untuk masyarakat bukan prioritas, karena masih fokus mengejar target booster dosis ketiga.

Pemberian vaksinasi Covid-19 dosis booster kedua tersebut diberikan dengan interval enam bulan sejak vaksinasi dosis booster pertama.

Vaksinasi Covid-19 dosis booster Ke-2 bagi SDM kesehatan dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan dan atau di pos pelayanan vaksinasi Covid-19 masing-masing daerah. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU