Vaksinasi Covid-19 di Surabaya Capai 99,03 Persen

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 12 Sep 2021 14:48 WIB

Vaksinasi Covid-19 di Surabaya Capai 99,03 Persen

i

Pemkot Surabaya telah melakukan vaksinasi Covid-19 sebesar 99,03 persen atau 2.196.071 warga yang telah dilakukan vaksinasi dosis pertama. SP/IST

SURABAYAPAGI, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah melakukan vaksinasi Covid-19 sebesar 99,03 persen atau 2.196.071 Warga yang telah dilakukan vaksinasi dosis pertama. Sedangkan untuk dosis kedua sudah mencapai 64,2 persen atau 1.426.724 warga yang telah di vaksin lengkap. Angka ini berdasarkan data Dashboard Vaksinasi Kementerian Kesehatan pada Minggu, 12 September 2021.

Capaian vaksinasi memberikan dampak positif berupa melandainya angka infeksi Covid 19 di Kota Surabaya karena terbentuk herd immunity atau kekebalan komunal. "Saya bersama-sama Pak Eri Cahyadi, jajaran Pemkot Surabaya, TNI, POLRI, badan usaha dan seluruh warga Kota Surabaya turut bangga atas capaian vaksinasi yang secara optimal berdampak positif menekan laju infeksi Covid-19," kata Wakil Walikota Surabaya Armuji, Minggu (12/9).

Baca Juga: Dispendik Gandeng Dispendukcapil Filter Penduduk Dadakan

Dia juga menerangkan bahwa kesadaran masyarakat terhadap vaksinasi juga meningkat seiring dengan dorongan untuk mendukung upaya-upaya pemulihan ekonomi. "Alhamdulillah vaksinasi sudah sampai 99,3 persen dosis pertama. Ini tertinggi di Jawa Timur sekarang kita fokus untuk pemulihan ekonomi dengan mulai dilonggarkannya pembatasan," tutur Wakil Walikota Surabaya.

Dirinya juga aktif mendorong UMKM di kecamatan-kecamatan untuk menjadi garda terdepan pemulihan ekonomi di Kota Surabaya. Kolaborasi antara pemerintah kota, badan usaha hingga UMKM memberikan gairah kebangkitan ekonomi di Kota Surabaya."Berdasar data tanggal 11 September 2021 yang saya terima, RT Zona Merah di Surabaya yang ditemukan angka konfirmasi positif lebih dari satu orang ada 4 RT dan sebanyak 10.219 sudah zona Hijau," kata Armuji

Baca Juga: Manfaatkan Aset, Pemkot Surabaya Bangun 8 Lokasi Wisata Rakyat 

Ia menyampaikan agar warga masyarakat tidak melakukan euforia berlebihan dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi."Dengan melandainya angka Covid-19 , kita perkuat juga infrastruktur kesehatan seperti testing dan Rumah-Rumah Sehat sehingga nanti bisa siap siaga menghadapi berbagai kondisi yang akan datang," imbuhnya.

Sementara itu, Komisi D DPRD Surabaya mengingatkan pemerintah kota setempat agar upaya pemulihan ekonomi harus berjalan seiring dengan penguatan infrastruktur kesehatan agar target pembangunan tercapai sesuai harapan."Pemulihan ekonomi dan kesehatan tidak terpisahkan," kata Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khotimah, Minggu (12/9).

Baca Juga: Dewan Minta Pemkot Surabaya Serius Tangani Pengelolaan Sampah TPA Benowo 

 Setelah itu, lanjut dia, baru kemudian mengoptimalkan sentra wisata kuliner, transformasi perdagangan konvensional ke berbasis digital serta intervensi terhadap UMKM maupun sektor informal.sb8/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU