Vaksinasi di Pelabuhan Dikebut, 1.000 Orang Telah Disuntik Vaksin Dosis Pertama Covid-19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 07 Jul 2021 12:56 WIB

Vaksinasi di Pelabuhan Dikebut, 1.000 Orang Telah Disuntik Vaksin Dosis Pertama Covid-19

i

Vaksinasi di Pelabuhan Tanjung Perak. SP/Semmy Mantolas

SURABAYAPAGI, Surabaya - Vaksinasi Covid-19 di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak terus digencar. Data Per 7 Juli 2021, kurang lebih sekitar 1.000 dosis vaksin yang telah disuntikan kepada mitra di pelabuhan Tanjung Perak.

Penyuntikan dosis pertama vaksin Covid-19 tersebut, merupakan kerjasama Pelindo III dengan TNI Angkatan Laut, khususnya berkaitan dengan penyediaan vaksin bagi para mitra kerja pelabuhan.

Baca Juga: Ratusan Anggota DPC PERADI Sidoarjo Antusias Ikuti Gelar Bakti Kesehatan Vaksinasi Covid-19

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Edi Priyanto menjelaskan, vaksinasi bagi para mitra kerja pelabuhan merupakan bentuk upaya dalam rangka menjamin kelancaran logistik dan pelayanan penumpang kapal.

Aktivitas di pelabuhan cukup berisiko tinggi untuk terpapar, karena pelabuhan merupakan pintu masuk kapal pengangkut logistik baik antar pulau maupun internasional.

"Kita harapkan adanya percepatan vaksinasi ini bisa melindungi para petugas, para pelayan publik, para pekerja di pelabuhan," kata Edi Priyanto, Rabu (07/07/2021) 

Baca Juga: Vaksin Booster Covid-19 Kedua Harus Bayar Rp100 Ribu

Dengan percepatan vaksinasi Covid-19 diharapkan Indonesia mampu melalui pandemi yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun. Vaksinasi yang masif disebut akan membentuk kekebalan kelompok atas virus SARS-COV-2.

"Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah yang terus melakukan percepatan vaksinasi kepada masyarakat," katanya

Sementara itu, Ketua DPW Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Hengky Pratoko mengapresiasi upaya vaksinasi di Pelabuhan Tanjung Perak. Dengan adanya vaksinasi, akan berdampak pada kepastian pelayanan logistik.

Baca Juga: Vaksinasi Booster Kedua Kota Mojokerto Terkendala Stok

Para pekerja sektor kepelabuhanan kata Hengky, selama ini berjibaku mengatur kelancaran logistik di Pelabuhan. Oleh karenanya perlindungan terhadap para pekerja atau mitra pelabuhan dinilai sangat penting. 

"Risiko penularan Covid-19 di pelabuhan cukup tinggi, mereka yang bekerja butuh perlindungan melalui vaksinasi, sehingga mereka dapat bekerja dengan tenang untuk mendukung kelancaran pelayanan logistik di Pelabuhan," kata Hengky Pratoko.sem

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU