Vaksinasi Door to Door di Banyuwangi Sasar Warga Disabilitas

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 26 Agu 2021 17:10 WIB

Vaksinasi Door to Door di Banyuwangi Sasar Warga Disabilitas

i

Vaksinasi door to door dilakukan guna mempercepat terbentuknya herd immunity.

SURABAYAPAGI.COM, Banyuwangi - Demi mempercepat tercapainya herd immunity, vaksinasi di banyuwangi terus digencarkan. Satgas covid-19 Banyuwangi melakukan vaksinasi door to door ke warga disabilitas.

Hal ini dilakukan di Desa Olehsari, Kecamatan Glagah Banyuwangi, Kamis (26/8/2021). Tenaga kesehatan dari Puskesmas Paspan yang didampingi oleh, staf desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas turun dari rumah ke rumah melakukan suntik vaksinasi terhadap warga disabilitas di wilayah tersebut.

Baca Juga: Pelabuhan di Banyuwangi Ramai Dipadati Pemudik

"Ada 30 orang disabilitas wicara di wilayah kami. Kita lakukan vaksinasi kepada mereka secara door to door," ujar Joko Mukhlis, Kepala Desa Olehsari.

Pendataan dilakukan oleh pihak desa. Sementara untuk vaksinasi dilakukan oleh pihak Puskesmas Paspan. Sebelum dilakukan vaksinasi, mereka diberi pemahaman terkait dengan pentingnya vaksinasi COVID-19.

"Kita siapkan penerjemah. Yang pasti protap kita lakukan sesuai standar," tandasnya.

Sementara itu, Pendamping Penyandang Disabilitas Banyuwangi, Fajar Isnaini mengatakan, kegiatan ini sangat efektif untuk warga disabilitas. Pelayanan prima dengan vaksinasi jemput bola ini merupakan salah satu terobosan penting dalam mewujudkan herd immunity bagi masyarakat.

Baca Juga: Kampung Nelayan Modern akan Dibangun di Banyuwangi

"Sistem jemput bola di lakukan agar disabilitas juga mempunyai herd immunity dan terlayani dengan baik. Karena penyandang disabilitas mempunyai hak yang sama untuk di perlakukan. Alhamdulillah kegiatan yang di lakukan oleh Puskesmas Paspan dan Pemdes Olehsari berjalan lancar," tambahnya.

Kegiatan vaksinasi door to door ini juga meminimalisir adanya kerumunan.

Wakil Ketua Satgas COVID-19 Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto bakal akan memprioritaskan warga penyandang disabilitas di Banyuwangi. Pihaknya akan menginstruksikan Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk mendata warga disabilitas yang belum di vaksinasi.

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi Konsisten Gelar Festival Patrol

"Tentu kita sangat mengapreasi langkah pemerintah desa dan puskesmas melakukan vaksinasi door to door terhadap warga penyandang disabilitas di Olehsari. Kita perintahkan desa untuk melakukan pendataan disabilitas yang belum di vaksinasi," ujarnya.

"Prioritas bagi penyandang disabilitas untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi covid-19 kita berikan,” pungkasnya.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU