Vaksinasi Lansia Dikebut, Dinkes Surabaya Terapkan Door To Door

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 15 Apr 2021 14:13 WIB

Vaksinasi Lansia Dikebut, Dinkes Surabaya Terapkan Door To Door

i

Dinkes Surabaya melakukan gerebek kalangan lanjut usia (lansia) atau menjemput bola dengan mendatangi rumah lansia satu per satu untuk divaksinasi Covid-19. SP/ANT

SURABAYAPAGI,Surabaya -  Pemerintah Kota Surabaya terus mendorong vaksinasi kepada masyarakat lanjut usia atau (lansia) untuk dikebut. Kali ini, vaksinasi untuk lansia dilakukan dengan mendatangi langsung rumah - rumah lansia tersebut atau door to door.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya Febria Rachmanita menjelaskan, vaksinasi door to door ini sudah berjalan sejak minggu lalu. “Petugas puskesmas kecamatan melakukan pendataan dulu untuk memastikan lansia mana yang belum divaksin. Dari data itu petugas turun," katanya, Kamis (15/4/2021).

Baca Juga: Hari Kamis, Presiden Jokowi Dijadwalkan ke Surabaya

Fenny, sapaan akrabnya, mengatakan tak semua puskesmas menerapkan vaksinasi door to door. Salah satunya adalah Puskesmas Dukuh Kupang. Nakes mulai door to door di RW 1 Kelurahan Pradah Kali Kendal.

Selain vaksinasi door to door, dinkes melakukan sistem antar jemput lansia ke fasilitas kesehatan. Sebab, tidak semua lansia saat vaksin ditemani pendamping.

"Nanti kendaraan yang digunakan untuk menjemput diajak naik odong-odong ke puskesmas dan rumah sakit terdekat. Sehingga lansia tidak kesulitan ketika hendak vaksin," jelasnya.

Baca Juga: Dispendik Gandeng Dispendukcapil Filter Penduduk Dadakan

Pemkot juga mengajak warga ikut mempercepat vaksinasi lansia. Warga diajak menjadi relawan, tugasnya cukup mendampingi serta mengantar lansia saat vaksin.

Kabag Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara menjelaskan, relawan itu dinamai satu pendamping, dua lansia. Warga yang menjadi relawan, diminta mencari dua lansia yang belum dilvaksin. Setelah mendapatkan sasaran, lansia tersebut segera didaftarkan sebagai calon penerima vaksin.

Baca Juga: Manfaatkan Aset, Pemkot Surabaya Bangun 8 Lokasi Wisata Rakyat 

"Lalu mengantar dua lansia tersebut ke puskesmas terdekat untuk menjalani vaksinasi. Imbalannya relawan itu juga diberikan vaksin. Warga yang ingin cepat mendapatkan vaksin, bisa mengikuti Program satu pendamping dua lansia," jelasnya.

Prosentase capaian vaksinasi kepada lansia baru 65%, sekitar 80 ribu lansia yang belum mendapatkan vaksinasi. Untuk jumlah lansia sendiri di Surabaya ada 253 ribu.dk/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU