Wabup bersama Komandan KODIM 0808 Blitar Tinjau Ribuan Warga Terisolir

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 23 Mar 2022 18:40 WIB

Wabup bersama Komandan KODIM 0808 Blitar Tinjau Ribuan Warga Terisolir

i

Wakil Bupati serahkan bantuan kepada warga masyarakat. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Wakil Bupati Blitar dan Komandan Kodim 0808 Blitar kunjungi ribuan warga yang terisolir akibat jembatan yang putus karena banjir bandang.

Sekedar informasi jembatan putus sejak 2020 silam mengakibatkan ribuan warga di 4 dusun terisolir sehingga harus mencari jalan alternatif sejauh 15 km. 

Baca Juga: Diduga Konsleting Listrik Sebuah Toko Bangunan Ludes Terbakar

Mendengar informasi tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Blitar Rahmat Santoso dan Komandan Kodim 0808 Blitar, Letkol Inf Didin Nasrudin Darsono pada Rabu (23/3)  melakukan peninjauan langsung  sekaligus menyerahkan bantuan sembako untuk warga sekitar jembatan yang terdampak.

"Saya bersama Pak Dandim ingin melihat langsung kondisi jembatan yang putus, kondisinya bagaimana dan kapan bisa segera diperbaiki," ujar Wabup Rahmat Santoso saat  di dampingi Dandim Letkol Didin di lokasi jembatan putus Dusun Jambangan, Desa Dawuhan, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Rabu (23/3/2022) sore.

Dengan didampingi Kades Dawuhan, Ahmad Muhibuddin, dan Forpimcam. Kademangan, Dinas PUPR Kabupaten Blitar. Wabup Rahmat melihat langsung kondisi jembatan yang putus, akibat diterjang banjir bandang 2020 lalu.

"Jembatan ini merupakan penghubung antar desa yang cukup vital, maka Pemkab akan segera berkoordinasi dengan Pemprov dan pusat melalui Dinas PUPR agar segera diperbaiki," terang orang nomor dua di Kabupaten Blitar ini.

Lebih lanjut, sesuai informasi terbaru dari Dinas PUPR tadi, akan segera diperbaiki dengan dana bantuan dari BNPB. 

Baca Juga: Polda Jatim Berangkatkan 50.789 Paket Bantuan Kemanusiaan

"Karena dampak dari bencana alam banjir bandang, sudah disetujui tinggal pencairannya. Kalau APBD kita memang belum bisa mengcover, akibat adanya refocusing anggaran untuk pandemi Covid-19," ungkapnya.

Pria murah senyum ini menambahkan kalau pihak Pemkab Blitar melalui berkoordinasi dengan BNPB, juga memberikan dukungan secara teknis. "Seperti tim teknis untuk desain, gambar dan sosialisasi pada warga untuk pembebasan lahan yang akan digunakan untuk pembangunan jembatan," jelas Rahmad Santoso.

Sebelum meninjau jembatan Makdhe Rahmat beserta rombongan, termasuk penyanyi senior Iis Sugianto yang kebetulan hadir di Blitar untuk mendukung persiapan pembuatan film Pemberontakan Perjuangan PETA Blitar sempat bertemu dan berdialog dengan perwakilan warga sekitar jembatan yang terdampak, sekaligus menyerahkan bantuan 100 paket sembako. Dibagi untuk warga, santri TPQ yang belajarnya numpang di teras warga, serta nelayan di Pantai Tambakrejo.

Sementara itu Dandim 0808 Blitar, Letkol Inf Didin Nasrudin Darsono juga menambahkan hadirnya Pemkab dan TNI ini wujud kehadiran pemerintah di tengah masyarakat. "Ketika ada kendala sarana prasarana, seperti jembatan yang putus ini, agar segera ada solusi terbaiknya," kata  Letkol Inf Didin.

Baca Juga: Polresta Sidoarjo Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Demak

Secara terpisah Kades Dawuhan, Ahmad Muhibbudin ketika dikonfirmasi mengenai putusnya jembatan di Dusun Jambangan ini menjelaskan kalau jembatan ini akses utama Desa Dawuhan, yang menghubungkan dengan Desa Suruhwadang dan Desa Bendosari. "Rusak akibat diterjang banjir tahun 2020 lalu, sementara dibuatkan jembatan darurat dari bambu untuk dilewati kendaraan roda 2," tutur Ahmad.

Dampak dari putusnya jembatan ini ada 4 dusun, sejumlah sekitar 2500 KK atau 4000 jiwa yang terisolir. Sehingga terpaksa harus mencari jalan alternatif, memutar sejauh sekitar 15 km. "Sehingga dari sisi ekonomi warga, pendidikan dan kesehatan menimbulkan kerugian hingga 50% bagi warga untuk mengeluarkan biaya transportasi lebih banyak. Warga yang ingin menjual hasil produksi kripik tela dan pertanian, yang sakit atau anak sekolah, harus mencari jalan alternatif ke Desa Suwihwadang," ungkapnya.

Oleh karena meneruskan aspirasi warganya, Ahmad berharap perbaikan jembatan ini bisa segera dilaksanakan. Agar perekonomian warga, serta kebutuhan dasar pendidikan dan kesehatan lebih lancar pungkasnya. Les

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU