Wabup Blitar Adopsi Bayi yang Dibuang di Depan Toko Bangunan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 19 Des 2021 17:42 WIB

Wabup Blitar Adopsi Bayi yang Dibuang di Depan Toko Bangunan

i

Wabup Blitar Rahmat Santoso menunjukkan dokumen adopsi anak didampingi sang istri (menggendong bayi).

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Bayi perempuan ditemukan di dalam tas ransel berwarna merah, yang diletakkan di depan toko bangunan di Jalan Ciliwung Kota Blitar pada 8 November lalu akhirnya menemukan keberuntungan.

Setelah dirawat di RSUD Mardi Waluyo dan dibawa ke UPT Pelayanan Sosial Anak Balita (PSAB) Dinas Sosial (Dinsos) Jawa Timur di Sidoarjo, bayi tersebut dijemput orang yang akan mengadopsinya.

Baca Juga: Ibu Muda di Probolinggo Ditangkap Usai Bunuh dan Buang Bayi Hasil Hubungan Gelap

Orang tua adopsi bayi dalam tas ransel itu pun bukan orang biasa. Dia adalah Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso dan istrinya, Venina Rahmat. Wabup Rahmat menjemput bayi perempuan cantik itu, Sabtu (18/12).

"Alhamdulillah, setelah melalui perjuangan, akhirnya bisa mengadopsi bayi perempuan cantik ini. Hati kami tergerak untuk mengadopsi dan membesarkan bayi ini seperti anak kandung kami sendiri," ujar Rahmat Santoso.

Baca Juga: Kesulitan Ekonomi, Ibu di Surabaya Tega Habisi dan Buang Bayinya Sendiri

Dia menjelaskan proses untuk mengadopsi bayi cukup panjang. Ia harus memenuhi persyaratan dan ketentuan sesuai aturan Menteri Sosial (Mensos) RI No 41/HUK/Kep/VII/1984 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perizinan Pengangkatan Anak.

"Setidaknya ada 9 persyaratan yang harus dipenuhi, saat ini semua sudah lengkap dan hanya menunggu penetapan pengadilan," jelasnya.

Baca Juga: Bayi Berusia 2 Hari Dibungkus Plastik Dibuang di Pinggir Warung Jalan Menanggal

Wabup Rahmat dan istri menyatakan sudah menyiapkan beberapa nama, tapi masih dirahasiakan. "Namanya saya rahasiakan dulu, sampai nanti saat aqiqahan di Blitar," jawabnya.

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU