Wakapolda Serahkan Bantuan Sembako ke 1.500 Buruh Jatim

Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo menyerahkan bantuan sembako dari Kapolri secara simbolik kepada perwakilan kelompok buruh. SP/Sugeng Purnomo

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Meringankan beban buruh dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 H sekaligus mudik lebaran, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo menyerahkan bantuan sembako dari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit secara simbolik kepada perwakilan kelompok buruh DPP Konfederasi SPSI di Executif Cafe Buduran Sidoarjo, Kamis (14/4/2022).

Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet HS mengatakan pandemi Covid-19 telah memberikan dampak pada semua aspek, termasuk buruh. Oleh karena itu, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit menaruh perhatian pada buruh dengan memberikan bantuan paket sembako. "Ini merupakan bantuan untuk meringankan beban buruh di masa sulit ini, mudah-mudahan atensi ini bisa meringankan beban buruh dan bisa merayakan lebaran bersama keluarga," ujat Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet HS didampingi Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro. 

Lebih lanjut Wakapolda Brigjen Pol Slamet HS mengatakan, bahwa untuk lebaran tahun ini, pemerintah memberi kelonggaran warga untuk mudik setelah selama dua tahun dibatasi. "Mudik tahun ini tidak ada penyekatan dan putar balik kendaraan, sehingga warga bisa leluasa untuk bersilaturahmi ke kampung halaman, namun kita himbau para pemudik untuk menjaga prokes dan sudah disuntik vaksin 2 atau booster," katanya.

Karena pandemi belum sepenuhnya lenyap, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet HS tetap meminta warga untuk tidak terlalu euforia selama mudik dan pastikan menjaga prokes secara ketat.

Sebanyak 1.500 paket sembako dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo diberikan kepada buruh yang terdampak pandemi Covid-19 di Jatim.

Ketua DPD SPSI Jatim M Fauzi mengungkapkan, bantuan sembako dari Kapolri yang bersinergi dengan KSPSI akan terus dilanjutkan ke buruh di Jatim.

"Bantuan sembako terus disalurkan ke seluruh Jatim. Hari ini di Sidoarjo dan terus akan berlanjut ke belasan kota berbasis buruh lainnya," katanya kepada wartawan.

M Fauzi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian yang begitu luar biasa dilakukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada buruh.

Bantuan paket sembako ini, lanjut Fauzi, merupakan wujud kepedulian Polri terhadap buruh yang terdampak pandemi Covid-19 sangat besar. "Bantuan ini diharapkan bisa kembali membuat buruh bangkit, industri kembali berjalan dengan baik," ucapnya.

Sekjen KSPSI Hermanto Achmad mengapresiasi atas bantuan Kapolri kepada buruh. "Terima kasih kepada Bapak Kapolri yang telah memberi bantuan sembako melalui Wakapolda Jatim," katanya.

Hermanto menilai, bantuan ini sangat berarti bagi pekerja khususnya anggota KSPSI di wilayah Jatim.

"Karena banyak pekerja/anggota kami terdampak Covid-19. Ada yang dirumahkan dengan upah 50 persen, ada juga yang dirumahkan tanpa upah," ungkapnya.

Hermanto berharap komunikasi yang sudah terjalin dengan baik antara Kapolri dan KSPSI ini harus terus dipertahankan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi kembali bangkit serta industri bisa berjalan normal kembali. sg